Tempat Usaha Ayam Petelur Yang Ideal

Tempat ideal atau lokasi ideal seperti apa yang paling bagus dan cocok dalam usaha budidaya ayam petelur? Menurut saya bukan dimana lokasinya tetapi bagaimana kemudahan kemudahan bisa di dapat dari lokasi peternakan.

Seperti apa bayangan anda saat akan memulai sebuah bisnis? dalam hal ini bisnis peternakan. APakah anda harus tinggal di kota agar lebih mudah menjual hasil peternakan? Lalu bagaimana untuk mereka yang ada di daerah pedesaan?
Mungkin ketika mempunyai tempat tinggal di kota adalah sebuah keuntungan dari segi pemasaran, karena kota biasanya memiliki penduduk yang banyak, transportasi mudah, pembeli banyak, dan lain lainnya.

INTERMEZZO : Mengenal Penyakit Gumboro Pada Ayam

Tapi mari lupakan kota, kita membahas tempat secara umum. Anda yang tinggal dipedesaan yang cukup jauh dari kota besarpun tidak perlu ragu untuk menjalankan usaha peternakan ayam.
Hanya saja perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Hal berikut ini :
Memilih lokasi peternakan yang mudah diakses dan di jangkau kendaraan.

Bayangkan posisi Anda bukan sebagai peternak tetapi sebagai pembeli, saat Anda ingin membeli hasil peternakan tentu Anda berharap untuk bisa lancar dan mudah sampai ke tempat tujuan yaitu peternakan. Akses jalan yang bisa dilewati kendaraan, utamanya mobil yang nantinya akan digunakan sebagai alat transportasi pengangkut hasil peternakan.
Jika misalnya peternakan tidak berada tepat di pinggir jalan maka setidaknya ada jalanan yang mampu dilewati kendaraan dengan mudah.

Memilih lokasi yang mudah akses mendapatkan air (sumber air)

Air adalah salah satu kebutuhan penting untuk mahluk hidup, mencukupi kebutuhan minum. Peternakan ayam petelur Anda harus menyediakan air yang cukup untuk memberi minum semua ayam peliharaan yang ada. Apakah ayam Anda saat ini 5000 ekor? 15.000 ekor?. Kebutuhan air harus dapat tercukupi makanya harus ada akses air yang bagus.
Air bisa di dapat dengan menggali sumur di sekitar kandang, atau jika juga dibuatkan saluran air dari sumber air lainnya disekitar tempat tersebut.

Memilih lokasi peternakan yang tidak terlalu dekat pemukiman

Peternakan selalu membawa dampak untuk lingkungan, idealnya lokasi peternakan tidak ada bersebelahan dengan rumah rumah pemukiman karena biasanya bau dari peternakan yang tercium tidak enak dan akan mengganggu lingkungan.

Artikel lebih lengkap tentang cara ternak ayam petelur, silahkan dikunjungi dan dibaca. Semoga bermanfaat.