Ada beberapa orang yang menginginkan privasi dalam melakukan sewa mobil, tidak perlu di dampingi oleh sopir yang disediakan oleh jasa sewa mobil. Dengan berbagai alasan tertentu calon pelanggan memilih untuk menyewa mobil tanpa disertai oleh sopir.

Istilah yang sering di gunakan adalah sewa mobil lepas kunci. Lalu apakah hal ini aman? Semua orang perlu waspada dengan maraknya kasus pencurian mobil sewa oleh pelanggannya.

Mestipun ada banyak kejadian mobil dibawa kabur oleh pelanggan, banyak contoh kasus terjadi di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Namun pada kenyataannya masih ada cukup banyak jasa sewa mobil yang bernai menawarkan jasa sewa mobil tanpa sopir atau dengan lepas kunci.

Namun jika ditelusuri ternyata memang tidak cukup banyak perusahaan sewa mobil yang melakukan ini, hanya ada beberapa saja dan pastinya memberikan aturan ketat dan persyaratan khusus bagi mereka calon pelanggan yang ingin menyewa mobil tanpa didampingi oleh sopir.

Persyaratan juga apat berbeda-beda berdasarkan pada jenis profesi, misalkan calon penyewa adalah karyawan, atau wiraswasta, atau anggota polisi atau tentara, dan juga atas nama perusahaan maka ada persyaratan masing-masing yang harus di penuhi.

Selain dari memenuhi persyaratan yang diberikan oleh jasa sewa tersebut, pengguna juga harus menanggung resiko bila terjadi sesuai dengan kendaraan yang dibawa. Semua resiko berhubungan dengan kerusakan sampai kehilangan menjadi tanggung jawab penyewa mobil dan perusahaan asa sewa tidak ikut campur dan terima mobil dalam keadaan baik sama seperti saat mobil diambil dari tempat sewa.

Persyaratan utama tentu saja adalah dokumen ID atau KTP atau identitas lainnya, untuk mengetahui secara pasti data dari penyewa dan dapat mudah ditemukan jika terjadi kasus pencurian mobil oleh pelanggan tersebut.

Bagi pelanggan yang memang serius dan hanya ingin menyewa mobil sendiri tanpa dampingan sopir dari perusahaan sewa mobil maka hendaknya untuk memberikan dokumen data yang diperlukan dengan sebaik-baiknya juga menjaga mobil dalam kondisi yang juga tetap baik. Lecek body, penyok body, dan lain-lain maka pelanggan yang akan dikenakan ganti rugi.

Berbeda jika sewa disertai dengan sopir, jika kajadian tersebut siatas terjadi maka tanggung jawab sepenuhnya ditanggung perusahaan.