Kolam tanah masih dianggap sebagai jenis kolam yang bagus untuk beternak ikan, bukan tanpa alasan, bukan juga karena lebih mengirit biaya pembuatan kolam. Memang dari segi pembiayaan tentu kolam tanah lebih murah dan hemat di banding membuat kolam semen.

Salah satu keuntungan dari penggunaan kolam tanah untuk budidaya ikan lele misalnya adalah karena tanah adalah salah satu sumber tempat ikan mencari makanan. Tanah adalah tempat untuk berkembangnya organisme atau micro-organisme yang merupakan jenis pakan alami untuk ikan.

sistem budidaya ikan lele kolam tanah

Jika tanah kolam subur maka akan terdapat banyak organisme berkembang di dalamnya dan ikan tidak akan kekurangan makanan selain dari makanan tambahan yang kita berikan.

Tetapi untuk mendapatkan tanah yang baik kita perlu melakukan beberapa tindakan, ada beberapa fase yang harus dilalui untuk mendapatkan tanah yang baik untuk perkembangan ikan. Dan yang paling pertama di lakukan adalah melakukan pengeringan kolam.

Pengeringan Kolam

pengeringan tanah kolam, proses pengolahan tanah kolam, pengelolaan tanah kolam

Mungkin ini pertama kalinya Anda memulai budidaya ikan, dan memutuskan untuk menggunakan kolam tanah karena biaya yang relatif lebih murah. Kolam ini bisa dibuat sendiri terlebih dahulu dengan menggali, atau memanfaatkan tanah sawah dan lain sebagainya.

Yang pertama adalah melakukan proses pengeringan kolam, air kolam dibiarkan habis dan meninggalkan tanah kolam tanpa air. Untuk mempercepat pengeringan kolam tentunya waktu yang paling bagus adalah dimulai dari musim panas, jika dilakukan di musim penghujan tentu prosesnya akan lebih lama dan kemungkinan malah akan berhari-hari dan menjadi tidak efektif.

Kolam dibiarkan tanpa air selama sekitar seminggu, bisa juga kurang dari itu. Sebagai patokannya adalah melihat kondisi tanah apakah sudah retak-retak atau belum. Tanah yang kekeringan umumnya akan mulai retak-retak atau istilah orang jawa disebut ‘Ngelungko’.

Tetapi jangan terlalu lama dan membiarkan tanah menjadi keras, tanah yang sudah mulai retak dan masih dalam kondisi empuk (bukan becek) adalah saat proses pengeringan ini disudahi dan melanjutkan pada proses pengelohan yang berikutnya.

Tulisan ini adalah bagian dari artikel tentang cara beternak lele.

Selanjutnya Penggemburan Tanah