Pemberian Pakan Untuk Ternak Kambing Etawa

Pakan Ternak Kambing Etawa. Seputar usaha dan bisnis beternak kambing Etawa, sebelumnya sudah saya bahas lengkap tentang potensi bisnis beternak kambing Etawa. Kemudian Anda juga bisa membaca tulisan lain saya tentang pemilihan indukan kambing Etawa untuk memilih bibit unggul baik untuk Etawa Jantan maupun Etawa betina.

Selanjutnya adalah tentang pemberian pakan untuk kambing Etawa. Apa pakan yang bagus dan cocok ujtuk jenis kambing Etawa? Apakah ada pakan khusus ataukan tidak?.

Secara umu kambing dimana-mana diberikan makanan yang banyak didapat dari alam yaitu rerumputan dan dedaunan, Ini adalah jenis pakan terbaik untuk hewan ternak. Namun perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan juga saat ini telah mampu memberikan solusi lain pakan alternatif untuk hewan ternak termasuk kambing Etawa ini. Umumnya ternak kambing etawa diberi makan berupa dedaunan, rumput serta kacang-kacangan, yang kaya akan protein dan mineral, dan baik untuk pertumbuhan kambing etawa.

usaha ternak kambing etawa peluang bisnis

Selain pakan alami berupa rumput dan dedaunan segar, saat ini juga dikenal dengan pakan fermentasi. Banyak yang berpendapat bahwa beternak kambing dengan pakan fermentasi jauh lebih mudah dan menghemat. Peternak tidak harus kesususahn mencari daun segar dan rumput untuk pakan kambing ternaknya. Jika tidak ada bahan tersebut maka bisa diakali dengan teknik pakan fermentasi yaitu memanfaatkan jerami dan gedebog pisang yang diolah terlebih dahulu.

Walapun ada pakan fermentasi, namun peternak biasanya lebih memilih untuk memberikan pakan segar dedaunan dan rerumputan. Beberapa peternak juga menyediakan pakan dengan cara menanam jenis rumput tertentu sebagai stok pakan untuk ternak mereka seperti misalnya menanam rumput gajah, rumput Odot.

Pola Pemberian Pakan Kambing Etawa

Pemberian pakan kambingdiberikan sesuai dengan kebutuhan ternak itu sendiri. Bisa dibedakan jumlahnya untuk kambing berdasarkan kategori kambing muda dan kambing dewasa. Ada baiknya memisahkan kambing dengan masing masing memiliki bilik sendiri, selain untuk kenyamanan juga untuk pembagian makanan yang lebih adil. Hal ini dimaksudkan agar pemberian pakan dapat dilakukan secara optimal.

Beberapa orang yang beternak kambing memberi makan kambing sebanyak 2 kali sehari, sebenarnya sekali sehari sudah cukup dengan memberikan takaran atau jumlah yang sesuai sampai kambing terlihat kenyang. Kambing kenyang umumnya akan berhenti untuk makan dan kemudian beristirahat. Selanjutnya mereka kan melanjutkan dengan mengunyah kembali pakan yang sudah mereka makan sebelumnya. Mengunyah lebih lama sehingga lebih mudah dicerna.

Jika memberikan pakan dua kali, pertama berikan sebanyak 60% terlbih dahulu. Setelah diberikan pakan daunan / rumput hijau, kemudian berikan pula pakan konsentrat. Berikan juga kambing air untuk minum yang dicampur dengan air garam yang membantu kambing untuk memakan pakannya dengan lahap. Malam harinya diberikan sisa pakan rumput yang 40% untuk bekal kambing makan sampai pagi.

Itulah pola pemberian pakan untuk kambing Etawa dan jenis kambing lainnya secara umum. bagi Anda yang tertarik untuk beternak kambing Etawa. Silahkan baca tulisan Manisnya Bisnis Kambing Etawa, Peluang Usaha Ternak