Pakan Ternak Kambing Dan Pemberiannya

Pakan Ternak Kambing : Fungsi utama dari pemberian pakan pada ternak adalah untuk untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dari ternak itu sendiri, salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam usaha ternak kambing adalah dalam hal pemberian pakan. Fungsi pakan tersebut berguna untuk proses tumbuh besar dan prosuksi susu (kambing betina) dan untuk bereproduksi (beranak dan menyusui).

Pemberian pakan ternak kambing harus disesuai juga dengan kebutuhannya dan jumlah pakan yang diberikan juga disesuaikan dengan status fisiologis kambing ternaknya.

Untuk wilayah yang subur dengan berbagai macam rumput dan daun-daunan umumnya pemberian pakan ternak kambing selalu bahan bahan yang segar dan baru saja diambil. Mencari rumput hari ini untuk kebutuhan makan seharian besok. Hal tersebut adalah yang umum terjadi. Dan setiap harinya ternak kambing mendapatkan bahan makanan baru dan segar.

Tetapi tidak semua wilayah memiliki ketercukupan bahan segar, wilayah tertentu atau juga dalam musim tertentu biasanya ketersediaan bahan makanan segar menjadi berkurang. Maka diemudian dilakukan pengoplosan makanan untuk kambing. Bukan hanya menggunakan bahan segar tetapi juga bahan kering.

INTERMEZZO : Ternak Kambing Kacang

Patokan umum yang dianjurkan dalam oplosan makanan ini adalah sejumlah 10% bahan segar atau 3% bahan kering dihitung dari bobot badan kambing yang bersangkutan.

Pemisahan kambing dengan membuat kandang bersekat juga bagus dilakukan untuk menghindari kambing lain menyerabot makanan kambing lainnya. Ini untuk menjaga keseragaman dari masing masing kambing agar tumbuh normal dan tidak ada yang kekurangan makanan karena diambil oleh kambing lainnya.

3 Jenis Pakan Ternak Kambing

Secara awam peternak hanya mengenal rumput atau daunan segar sebagai makanan untuk ternak termasuk kambing, tetapi sebenarnya saat ini telah diketahui bahwa ada banyak pakan ternak kambing alternatif yang bisa diberikan sebagai jenis makanan pengganti. Adapun jenis pakan ternak kambing di bagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

Pakan Sumber Energi
Sebagai contoh untuk kelompok sumber energi antara lain dari jenis:
– jagung
– sorghum
– dedak padi
– dedak gandum
– dedak jagung
– ketela rambat
– singkong
– onggok
– rumput-rumputan
– jerami padi.

Pakan Sumber Protein
Bahan pakan yang merupakan jenis jenis sumber protein antara lain jenis:
– leguminosa glirisidia
– daun turi
– daun lamtoro
– centrosema
– daun kacang tanah
– daun singkong
– bungkil kedelai
– biji kapas
– ampas tahu
– ampas kecap

Pakan Sumber Mineral
Sebagai sumber mineral dapat ditambahkan garam atau mineral mix. Masih banyak orang atau peternak yang memanfaatkan air garam untuk disiramkan pada makanan ternak, seperti rumput yang sudah agak layu dan sepertinya malas dimakan oleh ternak kambing. Dengan ditambahkan air yang diberi garam biasanya kambing akan memaknnya dengan lahap

INTERMEZZO : Peluang Usaha Ternak Kambing

Hijauan dapat disediakan dengan cara mencari di alam atau dapat dibudidayakan. Penanaman dapat dilakukan di areal yang tidak dimanfaatkan untuk tanaman pertanian, seperti di galengan/pematang sawah pinggir jalan, tanah desa, dilereng atau bahkan dapat ditanam sebagai pagar hidup, dan di area tanam sebagai monokultur.

Pemberian Pakan Ternak Kambing

Dalam pemberian pakan hijauan untuk ternak kambing perlu diperhatikan perbandingan antara rumput dan daun leguminosa. Ini dihubungkan dan dikaitkan dengan kondisi fisiologis ternak tersebut.

Psikologi Takaran Rumput Takaran Leguminosa
Dewasa 3 4
Bunting 3 2
Menyusui 1 1
Menyapih 3 2

Pemberian pakan untuk ternak kambing diberikan 2 kali sehari idelanya pada pagi dan sore dan juga rajin diberikan juga air minum dan garam beryodium secukupnya yang berguna untuk merangsang nafsu makan dari kambing.
Disarankan untuk menghindari pemberian hijauan yang masih muda karena dapat menyebabkan kembung pada kambing. Jika terpaksa maka terlebih dulu pakan diangin-anginkan selama minimal 12 jam.