Mengenal Ayam Bangkok - Jenis Ayam Aduan

Ayam Bangkok, Ayam Aduan : Mengadu ayam bukan hal yang baik, namun aktifitas ini hingga saat ini masih saja banyak terjadi dan dilakukan oleh banyak orang tidak hanya di kampung tetapi juga diperkotaan. Mungkin yang paling terkenal dengan kebiasaan adu ayam dan juga lumayan dilegalkan adalah di pulau Bali, disana adu ayam sudah menjadi tradisi yang disebut dengan Tajen.

Adu ayam hampir ada disemua daerah, dan dari sekian banyak Ayam yang paling sering dijadikan sebagai ayam aduan adalah ayam Bangkok. Ayam Bangkok atau Ayam Siam (Thailand) dikenal sebagai jenis ayam petarung, namun saat ini banyak juga orang yang hobby memelihara ayam bangkok sebagai hewan peliharaan kesayangan dan bukan untuk dijadikan ayam petarung.

ayam bangkok ayam super

Secara postur ayam bangkok memang dikenal super, dalam bahasa serapan jawa Bangkok seringkali di artikan sebagai sesuatu yang ukurannya super alias besar. Ayam Bangkok diartikan sebagai ayam dengan postur besar, jambu bangkok diartikan sebagai jenis jambu batu yang ukurannya besar. Dan sejenisnya.

INTERMEZZO : Budidaya Ayam Petelur

Ayam Bangkok berciri khusus berupa postur yang kekar dan tegak, terlihat sangat gagah dan garang dibandingkan jenis ayam ayam lainnya. Ciri fisik ayam bangkok dipercaya bisa memberikan gambaran pada kekuatan atau kelemahannya.
Para peminat ayam Bangkok memperhatikan beberapa detail dari anggota tubuh untuk memilih.
Detail tersebut anatara lain adalah :
– Bentuk kepala
– Kulit muka
– Jengger
– Leher
– Tulang Dada
– Badan
– Paha
– Ekor

Ada kriteria tersendiri pada bagian tubuh tersebut yang katanya menggambarkan kondisi ayam Bangkok tersebut sehingga orang kemudian bisa menilai ayam tersebut jenis yang bagus atau bukan.

Itulah sekilas tulisan tentang Ayam Bangkok, jenis ayam aduan yang populer, di website ini juga ada banyak artikel seputar ayam salah satunya tentang budidaya ternak ayam petelur.