Konsumen yang membeli ikan lele datang dari berbagai kalangan, untuk permintaan dan pembelian rutin pastinya adalah dari mereka para pemilik usaha makanan, baik yang khusus pada penyajian lele sebagai menu utama ataupun yang menjadikan ikan lele sebagai salah satu menu dari menu menu makan lainnya. Usaha ternak lele mempunyai lahan pasar yang sangat luas dan bahkan kebutuhan perhari di ibukota Jakarta saja baru terpenuhi sekitar setengah saja dari permintaan total.

Pemilik restoran restoran makanan sudah pasti menjadi pelanggan tetap untuk suplay ikan lele yang akan dijadikan bahan olahan. Banyak restoran yang menyediakan menu manu makanan khas daerah seperti pecel lele atau makanan lain dengan lele sebagai bagian dari bahannya. Masakan jawa ataupun masakan sunda juga yang berfariasi termasuk didalammnya menu ikan lele.

Pemilik warung makan atau rumah makan biasa juga rata rata menyediakan menu lele sebagai salah satu dari deretan menu makanan yang dijualnya. Warung warung nasi pinggir jalan, diperumahan, diperempatan, warung sunda, warteg, dan lainnya rata rata ada menyedikan menu ikan lele karena ikan lele memang banyak disukai oleh lidah orang Indonesia pada umumnya. Dan saat ini kuliner warung sangat banyak dan ada hampir disetiap sudut sudut jalanan.

Beberapa rumah makan tradisional mungkin memiliki ternak lele sendiri tetapi itu juga dalam skala kecil dan hanya ada beberapa saja. Penyuplai terbesar ikan lele tentu saja dari para peternak ikan lele di sentra sentra yang tersebar di berbagai wilayah. Di pulau jawa ada beberapa sentra ikan lele yang memberi suplai besar akan permintaan ikan lele. Baca : Sentra Ternak Ikan Lele di Jawa Timur

kuliner ikan lele pecel lele

Pemilik usaha pecel lele, sudah pasti konsentrasi jualannya adalah pada ikan lele. Walaupun diluar itu mereka juga biasanya menyediakan ayam juga sebagai pilihan bagi pembeli. Pecel Lele salah satu jenis kuliner khas Indonesia yang terkenal dan bahkan saat ini juga ada yang me-waralaba usaha pecel lele, di Jakarta, Bekasi, Depok dan sekitarnya dikenal ada nama Pecel Lele Lela yang cukup populer.

bisnis waralaba pecel ikan lele

Penjual sayuran keliling, walaupun namanya tukang sayur dan berjualan bahan bahan sayur. Mereka biasanya membawa juga berbagai jenis ikan segar seperti jenis jenis ikan yang biasa dimasak oleh ibu ibu rumah tangga dirumah. Yang biasa dibawa tukang sayur seperti ikan mas dan ikan lele yang memang banyak dan dicari oleh ibu ibu rumah tangga atau mungkin para pembantu rumah tangga yang berbelanja. Penjual sayur rajin membeli ikan lele untuk kemudian dijual lagi secara eceran kepada konsumen atau pelanggannya.

Ibu ibu rumah tangga, konsumen yang ini mungkin adalah konsumen terkecil jumlahnya karena tentu saja mereka tidak setiap hari mengkonsumsi ikan lele tetapi hanya sebagai salah satu menu harian yang mungkin baru akan muncul seminggu sekali. Kecuali ada anggota keluarga yang maniak atau penyuka lele dan sangat gemar ikan lele maka bisa jadi setiap hari membeli ikan lele.