Jenis Ikan Hias Air Tawar - Banyak Diminati

Ikan hias air tawar ada banyak macamnya, dan kebetulan dari sekitar 2 bulan yang lalu saya mulai memelihara ikan hias air tawar di dalam akuarium yang saya beli dari tetangga yang hobbynya sudah berpindah dari memelihara ikan hias menjadi memelihara burung.

Surabaya tempat saya tinggal ini kebetulan berada di perkampungan yang cukup padat, 2 tahun disini cukup buat mengenal lingkungan sekitarnya. Dari ramai memelihara burung, lalu ramai batu akik, kemudian kembali lagi ke memelihara burung.

Saya ga terlalu tertarik memelihara burung, kebetulan juga memelihara ikan hias juga tidak direncanakan. Dari awalnya iseng menanyakan akuarium pun ya tetangga akhirnya kepikiran buat membelinya. Dan hari itu juga saya berangkat ke Pak Tua (nama kawasan pertemuan jalan Petemon Kali dengan jalan Tidar). Disini ada beberapa penjual ikan hias.

Okelah, kembali ke topik tentang jenis jenis ikan hias air tawar….
Jika menurut jenisnya, ikan hias air tawar di Indonesia ini jumlahnya ratusan jenis dan kita mungkin tidak semuanya tahu nama dan penampilan seperti apa. Seperti juga yang terjadi pada ikan hias yang saya pelihara juga tidak semuanya saya tahu namanya… haha..

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR POPULER

Tapi berikut ini saya coba menampilkan informasi tentang jenis ikan hias air tawar yang paling banyak diminati oleh pecinta ikan hias. Berikut ini daftarnya

IKAN KOKI

Ikan satu ini memiliki penampilan yang menarik dengan sirip dan ekornya yang melambai lambai panjang, saat ini variasi warna ikan koki juga sudah bagitu banyak sehingga kita bisa memilih warna apa yang kita sukai.

Ikan hias ini masih famili dari jenis ikan mas, memang jika diperhatikan dari warna tubuhnya lumayan jauh dari ikan mas. Beberapa ikan koki juga menggemaskan tingkahnya karena tubuhnya yang gemuk, saya pernah mendapatkan ikan koki yang karena gemuknya membuat dia kesusahan saat berenang terutama saat tidak sengaja posisinya terbalik dengan punggung dibawah dan bagian bawah diatas. Untuk kembali keposisi normal ia harus berusaha keras…

Ikan koki sebenarnya ada beberapa macam, tapi jenis yang seperti gambar diatas adalah yang paling banyak peminatnya. Jenis ikan koki mata balon saya sendiri kurang suka melihatnya walaupun mungkin ditempat lain ada oarng yang sangat menyukainya.

Ikan hias air tawar jenis koki ini cukup diminati para pemelihara ikan hiar, apalagi warna warnanya yang cantik dan menarik.

IKAN GUPPY

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang ukurannya cukup mungi, ukuran jantannya malah bisa cuma separuh dari ukuran betinanya. Mesti begitu ikan hias satu ini lumayan banyak peminatnya.

Pada dasarnya ikan guppy ini adalah ikan yang banyak ditemukan di parit dan selokan dan termasuk jenismikan liar. Karena ikan mungil ini menarik jadikan kemudian dibudidayakan sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar dan memang banyak peminatnya.

Khususnya ikan guppy jantan yang warnanya mencolok berwarna warni, membuatnya juga mudah dibedakan dengan betina selain ukurannya yang cuma separuh betinanya. Bagian ekor guppy menurut saya yang paling membuatnya menarik.

Di akuarium saya juga ada beberapa ikan guppy, dan yang saya perhatikan ikan guppy yang kecil selalu mengikuti yang besar. Mungkin itu adalah ikan guppy jantan yang ngikuti betina.

Dihabitat alam liar seperti di danau dan rawa ikan guppy ini termasuk jenis yang mudah beradaptasi dan bertahan dengan berbagai jenis makanan yang ada disekitarnya. Dan walau habitat aslinya adalah air tawar katanya guppy ini juga masih mampu bertahan di kondisi air yang lumayan asin alias bersanitasi tinggi.

IKAN DISCUS

Ikan ini bentuknya khas seperti piringan yaitu membulat jika dilihat dari samping. Jika dilihat dari arah depan atau atas ikan ini nampak sangat tipis atau pipih bentuknya. Yang menarik dari ikan hias air tawar ini selain dari bentuknya juga dari warna warna yang dimiliki yang cukup atraktif.