Buat Anda yang pecinta bakso tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis bakso dan juga bahan-bahan utama untuk membuat bakso. Di Indonesia ada banyak jenis bakso dari yang paling umum ada bakso sapi (dibuat dengan daging sapi), ada bakso ikan (tentu saja bahannya dari daging ikan), adabakso udang, bakso tahu, bakso bakwan, dan bermacam jenis bakso lainnya.

Bakso bukan hanya ada di Indonesia aja, di belahan dunia lainnya juga ada banyak jenis makanan menyerupai bakso (bola daging alias meatball). Salah satunya adalah yang ada di negara Rumania, disana ada makanan serupa bakso yang disebut sebagai Chiftele.

chiftele bakso khas rumania

Chiftele, bentuk jamak dari chiftea, bakso ini umum berbentuk datar dan bulat yang adalah salah satu masakan tradisional Rumania. Yang membuat berbeda dengan bakso yang ada disini adalah bahan pembuatnya. Chiftele biasanya terbuat dari daging babi cincang, dicampur dengan kentang tumbuk dan bumbu-bumbu, kemudian di goreng.

Perbedaannya jelas pada penggunaan daging babi sebagai bakan pembuatnya. Itu secara umum disana, tapi seperti halnya di Indonesia dimana banyak jenis daging bisa digunakan untuk membuat bakso, jika ingin membuat Chiftele versi Indonesia ya gunakan saja jenis daging yang sesuai dan juga tentu saja halal.

INTEREMEZZO : Bitterballen, Bakso Goreng Khas Dari Negeri Belanda

Chiftele disajikan dengan pilaf yaitu beras yang dimasak dengan bumbu kaldu, selain dengan pilaf terkadang juga di sajikan dengan kentang tumbuk. Beras juga dapat dimasak menjadi berwarna kecoklatan dengan cara dicampur dengan potongan bawang, serta dicampurkan juga dengan rempah-rempah. Tergantung pada masakan lokal, juga dapat mengandung daging, ikan, sayuran, pasta, dan buah-buahan kering di dalamnya.

Rumania dulunya masih dalam wilayah kekaisaran Turki, budaya Turki juga diadopsi oleh orang Rumania yaitu salah satunya adalah Chiftele ini (kalo di Turki pastinya bukan berbahan daging babi). Chiftele adalah versi Rumania dari köfte atau kofta Turki.