Tahun 2016 ini sejumlah peternak lele yang ada tersebar di 17 kecamatan di kabupaten Boyolali mendapat bantuan total sebanyak satu juta benih ikan lele. Selain mendapat bantuan benih ternak lele, peternak juga mendapatkan bantuan lainnya berupa pakan dan paket indukan lele.

Bantuan ini didapat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diserahkan melalui tiga tahapan. Tahap pertama bantuan benih dibagikan sebanyak 200.000 benih, kemudian tahap dua sebanyak 300.000, dan tahap tiga sebanyak 500.000 benih.

Bantuan benih bibit ikan lele tersebut diberikan kepada sebanyak 20 kelompok peternak lele yang ada di Boyolali selain Kecamatan Selo dan Musuk.

INTERMEZZO : Cara Budidaya Ternak Lele

Bantuan berupa pakan-pakanĀ  untuk ternak lele sendiri sebanyak 5 ton. Hanya saja bantuan pakan tersebut diberikan hanya kepada kelompok ternak yang ada di Kecamatan Karanggede dan Banyudono.

Sedangkan untuk bantuan indukan lele, diberikan sebanyak 30 paket induk yang pada setiap paketnya terdiri dari 10 betina dan lima pejantan, yang diberikan kepada 10 kelompok ternak.

Bantuan benih tersebut berbeda dengan program penebaran benih ikan Pemkab Boyolali tahun ini dengan sasaran waduk-waduk. Bantuan dari KKP tersebut diberikan untuk meningkatkan produktivitas ikan.

Alasan mengapa bantuan yang dipilih jenis ikan lele keran memang wilayah kabupaten Boyolali merupakan sentra penghasil ikan lele yang cukup besar di Jawa Tengah. Diharapkan dengan bantuan dari KKP tersebut, produktivitas ikan lele di Boyolali bisa terus meningkat dan sekaligus lebih menyejahterakan petani.

Sumber : JogloSemar

Sahabat tertarik dengan info seputar ternak lele diatas? Jangan lupa untuk rain mampir ke blog Wetoostudio untuk mendapatkan informasi lain seputar ternak lele, inspirasi usaha dan peluang usaha. Lengkap referensi untuk sahabat…