Bakso sudah jadi makanan yang paling merakyat di indonesia, disukai oleh semua orang dari tua dan muda hingga anak-anak. Kaum perempuan adalah yang paling suka dengan jenis makanan satu ini. Sebelumnya saya telah menulis artikel seputar peluang usaha bakso, dan disini saya akan membahas salah satu jenis bakso khas yang dimiliki Indonesia. Khususnya yang berasal dari kota Malang bernama Bakso Bakwan.

Nama bakso ada embel-embel bakwan didalamnya. Tapi jangan salah persepsi sebelumnya. Jika kita mendengar bakso sapi maka itu aktinya bakso dibuat dari daging sapi, bakso ikan dibuat dengan bahan dasar daging ikan. Tapi bakso bakwan bukan bakso yang dibuat dengan bakwan… 😀

Mungkin sebagai dari pembaca sudah tidak asing dengan jenis bakso satu ini. Buat yang belum tahu, inilah tampilan bakso bakwan khas Malang seperti gambar berikut ini.

bakso bakwan jenis bakso khas kota malang

INTERMEZZO : Bitterballen – Bakso Khas Dari Negeri Belanda

Bakwan yang dimaksud pun bukan bakwan umum yang kita kenal di tempat lain yang terbuat dari adonan tepung dan potongan wortel, kol atau kubis atau jenis sayuran lainnya. Bakwan Malang tidak seperti itu… Bakwan malang adalah sebutan untuk bakso khas malang yang dicampur dengan pangsit. Penyajian baksonya sendiri antara lain berisi bakso, pangsit, dan tahu putih.

Awalnya saja juga agak rancu dan bingung tentang bakwan malang ini, tahun 2004 kalo tidak salah saya pernah makan Bakso Malang Karapitan yang ada di MM Bekasi dan masih belum ngeh ketika pesan bakso ternyata yang didapat bermacam-macam antara lain ada pangsit dan tahunya. Unik dan itulah keaneka ragaman jenis makanan di negeri kita yang begitu kaya ini dan patut untuk kita lestarikan dan lindungi agar tetap bertahan dan tidak tergusur oleh banyaknya kuliner dan makanan dari luar negeri. Bakwan yang kita kenal selama ini akn seperti gambar berikut ini…

gorengan bakwan berbahan sayuran

Bagi orang Malang, merupakan sebuah kebanggan jika bisa mengenalkan jenis kulinernya di tempat lain. Di kota besar Jakarta baso Malang sudah tidak asing lagi karena memang banyak kita jumpai penjual bakso keliling yang jelas meberikan tulisan Bakso Malang dan khas dengan tambahan Bakwan khas-nya tersebut.

Secara umum cara penyajian atau bahan dasar baksonya juga sangat umum seperti bakso kebanyakan. Yang membuat beda memang bonus atau tambahan bakwannya itu. Kalo saya sendiri jujur kurang begitu suka dengan bakso bakwan ini, bagaimana dengan Anda…?

Anda tertarik dengan peluang usaha bakso? silahkan baca rtulisan saya seputar peluang usaha dan tips sukses berjualan bakso Peluang Usaha Dan Tips Sukses Usaha Berjualan Bakso

Dapatkan juga informasi lainnya tentang peluang usaha kuliner disini di blog Wetoostudio.Com. Salam Sukses untuk sahabat semua..