Ayam Petelur Arab : Saat ini ada cukup banyak jenis ayam petelur yang dikembangkan dan dipelihara untuk peternakan. Jenis jenis ayam petelur ini memiliki berbagai keunggulan masing masing di bandingkan jenis lainnya. Dan salah satunya adalah ayam petelur Arab yang dikenal keunggulannya karena mampu memproduksi telur dalam jumlah tinggi.

Secara umum dikenal ada dua jenis ayam petelur arab yang dibedakan berdasarkan pada warna bulunya. Ciri khas dari ayam petelur arab ini sendiri adalah warna bulunya yang bercorak kotak kotak rapi. Satu jenis memiliki corak warna silver dan hitam dengan bulu leher berwarna silver alias perak dan atu lagi bercorak coklat kemerah-merahan atau mendekati warna gold.ayam petelur arab unggulSecara postur jenis ayam ini terbilang cukup pendek dibanding jenis ayam petelur lainnya, tetapi jangan salah karena secara produksi telur jenis ini malah lebih tinggi. Ini termasuk salah satu kelebihan dari ayam petelur arab ini yaitu jumlah ransum yang dibutuhkan lebih sedikit karena ukuran badannya yang lebih kecil tersebut.

Dengan jumlah ransum pakan yang lebih sedikit namun dengan produksi telur yang lebih banyak maka menjadikan ayam petelur ini adalah pilihan yang cocok untuk dikembangkan sebagai usaha ternak.

INTERMEZZO : Mengenal Jenis Ayam Petelur Ungulan

jenis ayam petelur arab unggulHarga indukan ayam petelur arab juga lumayan tinggi, jika anda menernakan ayam petelur arab untuk pembibitan juga lumayan menghasilkan jika harganya tinggi. Kemudian khususnya ayam betina yang cukup mahal harganya juga ia mempunyai sifat tidak mengerami telur.

Telur ayam yang dierami akan lebih cepat menetas, sementara telur ayam yang tidak dierami akan lebih tahan lama. Dengan begitu ayam petelur arab memang sangat cocok untuk dikembangkan sebagai ayam petelur. Sementara jika ingin menetaskan telur ayam arab umumnya telur dititipkan untuk ditetaskan oleh ayam lainnya.