Belajar Cara Ternak Kambing Kacang : Kambing Kacang dikenal juga dengan nama Kambing Jawa yang merupakan jenis kambing lokal Indonesia, termasuk jenis kambing yang cepat berkembang biak dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jenis kambing yang cepat menghasilkan keturunan baru pada usia antara 15-18 bulan

belajar cara ternak kambing kacang

Berternak Kambing Kacang

Kambing Kacang alias kambing jawa merupakan spesies kambing lokal Indonesia. Prospek ternak kambing kacang ini bagus, karena kambing Kacang sangat cepat dalam berkembang biak dimana pada umur antara 15 dan 18 bulan sudah bisa menghasilkan keturunan (beranak). Dengan begitu perkembangbiakan kambing jenis ini bisa berjalan cepat dan hasilnya juga bisa lebih cepat di rasakan oleh peternak kambing kacang tersebut. Dari jenis kambing ini maka peluang usaha ternak kambing kacang dinilai cukup menggiurkan untuk dijalankan.

Kelebihan Ternak Kambing Kacang

Kenapa memilih jenis kambing kacang untuk usaha ternak Anda? Tentu saja karena beberapa alasan tertentu dan alasan alasan bagus yang diantaranya adalah :

Ternak Kambing Kacang Cepat Bertambah
Jenis kambing kacang seperti yang disebut di atas bahwa dalam umur 15-18 bulan ternyata sudah mulai dapat berkembang biak alias beranak. Itu artinya jumlah kambing akan bertambah dengan cepat dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Kemudian juga bahwa bagusnya ternak kambing jawa adalah dalam sekali beranak sangat umum mereka beranak kembar dua, dan terkadang malah sampai kembar tiga.

Kambing Kacang Mudah Beradaptasi
Adaptasi adalah hal yang sangat penting untuk kelangusngan hidup, hewan ternak juga harus mampu beradaptasi dengan lingkungan agar tetap bertahan. Kambing kacang diyakini sebagi jenis ternak kambing yang memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dengan lingkungan. Artinya dengan berbagai jenis kondisi alam yang berbeda, kambing kacang tetap mampu bertahan dengan baik. Ini pastinya menguntungkan untuk usaha ternak Anda.

INTERMEZZO : Gambar Bentuk Kandang Kambing

Bagus Sebagai Kambing Potong
Kambing jenis ini sering kali dijadikan kambing potong alis kambing pedaging, walaupun dari segi ukuran tidak terlalu besar dan bukan kambing super tetapi karena jenis kambing ini cepat berkembang biak dan beranak maka artinya jumlah kambing dapat bertambah banyak dengan cepat. Dan beberapa orang kemudian men jualnya sebagai kambing potong, permintaan kambing potong di saat saat tertentu cukup tinggi seperti menjelang hari raya kurban yang dirayakan umat muslim.

Jika Anda berternak kambing kacang dan memiliki banyak kambing karena cepatnya berkembang biak maka anda bisa mengambil keuntungan dengan menjualnya, seperti halnya menjual untuk dijadikan kambing kurban ataupun untuk dipelihara lagi oleh pembelinya.

Anda ingin memiliki usaha ternak kambing, jenis ini sepertinya cukup cocok untuk Anda kembangkan sebagai usaha ternak Anda.