Peluang Usaha Beternak. Usaha jenis ternak umum dilakukan di pedesaan, seperti halnya beternak kambing juga sudah hal yang biasa dilakukan oleh penduduk di pedesaan. Tapi sekarang sudah bukan hanya dipedesaan saja, penduduk yang tinggal di perkotaan juga banyak yang mengembangkan usaha ternak kambing.

Daftar Isi:
1. Kambing Etawa
2. Ras Kaligesing
3. Ras Senduro
4. Potensi Bisnis
5. Keunggulan Etawa

Jika melihat potensi beternak kambing di pedesaan dan diperkotaan, keduanya mempunyai prospek yang bagus. Hanya saja dari segi ketersediaan pakan kambing yang umumnya berasal dari tanaman atau rumput hijau tentu pedesaan jauh lebih unggul. Tetapi dari nilai jual kambing, di perkotaan lebih menggiurkan nilainya. Saat ini peternak kambing juga sudah tidak selalu bergantung pada rumput atau daun untuk pakan kambing karena sudah ada teknik pembuatan pakan fermentasi untuk ternak termasuk pakan kambing.

usaha ternak kambing etawa

Usaha Beternak Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah jenis kambing yang dianggap super, dan memang benar bahwa kambing Etawa ini super baik dari segi ukuran juga super dari segi harga jualnya. Peternakan Etawa saat ini baru berpusat pada beberapa daerah tertentu saja dan masih banyak daerah yang belum mempunyai banyak peternak Etawa apalagi yang peternakannya lumayan besar.

Seperti apa sebenarnya kambing super bernama Etawa ini? Mengapa kambing jenis Etawa ini menjadi salah satu kambing idola para peternak kambing. Simak dulu sedikit tentang kambing Etawa dibawah ini…

Kambing Etawa / Kambing Jamnapari

Kambing ini disebut sebagai kambing peranakan etawa (PE) atau kambing etawah yang tidak lain adalah hasil peranakan persilangan kambing Jamnapari yang diketahui berasal dari India dengan kambing lokal Indonesia. Kambing Jamnapari sangat dikenal memiliki ukuran tubuh yang besar.

Kira kira tahun 1925 kambing Jamnapari mulai masuk Indonesia ketika itu pemerintah kolonial Belanda mulai melakukan impor kambing unggul ini untuk meningkatkan kualitas kambing lokal melalui perkawinan silang dengan kambing Kacang (kambing Jawa). Ukuran yang besar menjadikan kambing ini sebagai salah satu kambing pegading pilihan.

Selain sebagai kambing pedaging, Jamnapari dikenal juga sebagai kambing penghasil susu (kambing perah) terbaik di India. Habitat asli kambing ini alaminya adalah daerah Chakarnagar di distrik Etawah di negara bagian Uttar Pradesh, di sepanjang delta sungai Jamuna dan Chambal, dan distrik Bhind di negara bagian Madhya Pradesh di sepanjang sungai Kwari. Itu;ah mengapa di Indonesia kambing ini lebih dikenal sebagai kambing Etawa (sesuai asalnya dari Etawah – India). Kambing Jamnapari beradaptasi dengan baik.

Kambing Etawa saat ini banyak sekali dikembangkan di Indonesia, dan menjadi salah satu favorite jenis kambing ternak untuk diambil dagingnya dan juga diperah susunya dan sekaligus kambing yang sering dijadikan peserta kontes.

Tinggi kambing Etawa jantan berkisar antara 90 hingga 127 sentimeter dan betina hanya mencapai 92 sentimeter. Bobot jantan bisa mencapai 91 kilogram, betina hanya mencapai 63 kilogram. Kambing Etawa bisa menghasilkan hingga tiga liter susu segar per hari. Saat ini ada dua jenis kambing Etawa yang di ternak oleh masyarakat yaitu Etawa Kaligesing dan Etawa Senduro.

Kambing Etawa Ras Kaligesing

Kaligesing sejatinya adalah nama sebuah sebuah kecamatan di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kambing Etawa Kaligesing merujuk pada jenis Kambing Etawa yang sejak dulu dikembangkan di wilayah ini.

Kambing Etawa Kaligesing sangat dikenal oleh para peternak kambing. Etawa Kaligesing yang adalah kambing ras hasil dari persilangan antara kambing Etawa (Jamnapari) India dengan kambing lokal yang di budidayakan oleh masyarakat di pedesaan di wilayah Kaligesing.

Ciri khusus dari kambing Etawa Kaligesing adalah pola warna hitam putih serta perawakan yang tinggi dan besar, kambing genetik Kaligesing dihasilkan dari pola perkawinan silang yang terjaga serta pola pakan yang secara tradisional dikembangkan oleh masyarakat pendahulu ternak di Kaligesing.

Kambing Etawa Senduro / Etsen

Kambing Etawa Senduro atau juga sering disebut dengan nama Kambing Etsen adalah salah satu jenis kambing Etawa yang juga cukup populer di Indonesia, Kambing Etawa Senduro banyak dikembangkan sebagai kambing padaging sekaligus kambing perah (penghasil susu).

INTERMEZZO : Peluang Usaha Ternak Ayam Petelur

Di negara Malaysia kambing Etawa Senduro sangat populer dan memiliki sebutan sebagai King Jamnapari karena ukurannya yang bisa sangat besar. Tidak tanggung dibuat sebuah patung besar kambing ini disana. Ras ini termasuk ras unggul selain sebagai jenis kambing pegading juga sebagai penghasil susu yang sangat baik.

Berbeda dengan kambing Etawa Kaligesing yang harganya tidak mudah ditentukan (apalagi yang dijadikan kambing kontes). Harga Etawa Senduro ini lebih realistis dan tidak ada kelas-kelasan seperti jenis kambing kontes yang berdasar faktor estetika atau seni seperti bentuk kepala, bentuk telinga, panjang telinga, lebatnya bulu, warna kepala dan lain-lain. Harga Senduro sangat ditentukan oleh ukuran postur kambing seperti normalnya pada jenis ternak kambing lainnya.

Potensi  Bisnis / Beternak Kambing Etawa

usaha beternak kambing etawa, bisnis beternak kambing etawa, prospek bisnis kambing etawa

bisnis ternak kambing etawa

Sebelum Anda memutuskan untuk mulai berbisnis kambing Etawa ini, terlebih dahulu mestinya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan nilai jual dari kambing Etawa ini. Ada beberapa keunggulan kambing Etawa dan berikut ini penjabaran lebih detailnya.

Apa Keunggulan Beternak Kambing Etawa ?

Bodinya Tinggi dan Besar

Dari segi ukuran, kambing Etawa memang luar biasa. Kambing dengan ukuran besar tentu mempunyai nilai lebih dari segi penjualannya pasti berharga lebih tinggi dari kambing jenis biasa. Kambing yang besar sangat cocok dikembangkan sebagai kambing pedaging. Daging yang didapat pastinya lebih banyak, dan ini juga yang menjadikan kambing ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berbisnis kambing Qurban. Kambing Qurban dituntut sebagai kambing yang memiliki kualitas terbaik. Etawa pastinya masuk kriteria tersebut dan memperhatikan persyaratan tentang hewan-hewan yang bisa dijadikan kambing Qurban seperti kesempurnaan (tidak cacat). Jikapun tidak menjadi kambing Qurban karena tidak memeenuhi syarat maka bisa dijadikan sebagai kambing pedaging biasa.

Selain sebagai kambing Qurban, kambing ini juga cocok dijadikan kambing untuk Aqiqah.

Mudah Adaptasi Lingkungan

Jenis kambing yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, di daerah asalnya kambing ini dapat hidup di daerah yang berbukit dan banyak jurang serta wilayah dengan kondisi banyak semak belukar. Di Indonesia tentu saja kambing ini umum dibuatkan kandang dengan pakan umum yang disediakan oleh peternak. Negeri kita ini subur dan banyak sekali jenis tumbuhan dan rumput yang sangat baik untuk pakan hewan ternak pada umumnya termasuk juga untuk kambing.

Betina Menghasilkan Susu

Susu kambing memiliki peminat yang cukup tinggi, susu kambing juga di[ercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika kita sangat mengenal susu sapi sebagai jenis susu unggulan dan paling banyak dikonsumsi, di India kambing Etawa sangat dikenal sebagai susu perah dan diambul susunya untuk dikonsumsi.

susu murni susu kambing etawa

Beberapa peternak Etawa juga menjual susu kambing murni dari kambing betita Etawa yang dipeliharanya.  Ini tentu juga menjadi penghasilan tambahan bagi peternak kambing dengan menjual susu kambing.

Hasilkan Keturunan Unggul

Sebagai jenis kambing unggulan, tentu saja kambing Etawa juga menghasilkan keturunan unggul. Prospek usaha penjualan kambing Etawa bukan hanya dari kambing dewasa saja. Anda bisa menjual bibit / anakan unggul dari kambing Etawa. Atau menjual indukan unggul dan pejantan kambing Etawa.

peluang usaha bisnis kambing etawa

Kambing jenis unggul tentu saja lebih menghasilkan dari jenis kambing umum. Dari segi harga tentu saja jauh lebih tinggi dan margin keuntungan yang didapat dari penjualan pasti berbeda cukup jauh.

Jenis Kambing Untuk Kontes

Khususnya di Indonesia, entah sudah dimulai dari kapan, kambing Etawa rutin dibuatkan acara kontes untuk menemukan kambing Etawa yang dianggap paling bagus. Kontes ini banyak diadakan di berbagai kota dan diikuti oleh banayk pemilik kambing Etawa. Kriteria penilaian memang tidak mudah karena banyak sekali aspek yang dinilai. Banyak peternak yang tidak begitu memahami penilaian sehingga sering terjadi salah paham karena mereka merasa kambing mereka bagus tetapi tidak menang kontes.

usaha ternak kambing etawa peluang bisnis

Diluar itu, kambing kontes ini khususnya yang menang selain menaikkan gengsi juga pastinya membuat harganya menjadi lebih mahal dan terkadang  tidak masuk akal. Ini hanya opsi saja buat Anda yang hendak menjalankan bisnis usaha ternak kambing Etawa ini.

————————-

Itulah ulasan tentang peluang usaha ternak kambing Etawa, semoga bermanfaat untuk pembaca.