Usaha beternak kambing. Kambing adalah jenis ternak yang sangat berpotensi untuk bisa dijadikan sebagai sebuah peluang bisnis di bidang peternakan. Prospek ternak kambing ini selalu bagus dari tahun ke tahun karena jenis ternak kambing ini mempunyai pasar tersendiri di negeri kita ini.

Ada saat-saat tertentu seperti pada masa menjelang lebaran haji dimana banyak orang ingin berkorban dan kambing adalah salah satu jenis ternak yang biasanya dijadikan hewan kurban karena harganya yang masih terjangkau dan mudah di dapat dibandingkan daripada jenis ternak lain seperti sapi yang harganya jauh lebih mahal.

Potensi Usaha Beternak Kambing

Beternak kambing bagi sebagian masyarakat khususnya dipedesaan sampai saat ini masih dinilai memiliki potensi yang besar karena selain permintaan akan kambing juga tinggi juga banyaknya orang yang membutuhkan kambing dan luasnya wilayah indonesia sehingga potensi bisnisnya semakin luas saja. Melihat hal ini tentu merupakan kesempatan bagus untuk membangun bisnis ternak kambing dan juga membuat peternakan kambing.

peluang usaha ternak kambing yang bagus

Jenis Jenis Kambing Ternak

Membahas tentang beternak kambing tentu tidak akan lepas dari membahas jenis jenis kambing ternaknya sendiri. Apa dan bagaimana, serta kelebihan dan kekurangannya untuk dipilih sebagai kambing ternak Anda yang tentu berorientasi pada keuntungan.

Di Indonesia sendiri saat ini kambing ternak sudah banyak macamnya, jenis-jenis kambing semakin bervariasi dan bisa dipilih mana yang kira-kira punya peluang bagus untuk di ternak dan dikembangkan. Jenis jenis kambing ternak yang ada di Indonesia lumayan banyak, berikut ini hanya beberapa contoh saja yang cukup populer dan memiliki pangsa pasar yang luas.

Kambing Kacang

Kambing Kacang dikenal juga dengan nama Kambing Jawa yang merupakan jenis kambing lokal Indonesia, termasuk jenis kambing yang cepat berkembang biak dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jenis kambing yang cepat menghasilkan keturunan baru pada usia antara 15-18 bulan.

belajar cara ternak kambing kacang

Dari segi ukuran memang jenis kambing kacang ini tergolong kecil, namun keuntungan dari beternak kambing kacang alias kambing jawa ini adalah cepat beranak-pinak dan mudah dalam pemeliharaan karena ini adalah kambing lokal sehingga sangat cocok dengan kondisi lingkunagn dan makanan disekitar kita.

Pelajari lebih lengkap tentang Kambing Kacang serta potensi bisnis beternak kambing jenis ini.

Kambing Etawa / Jamnapari

Kambing Jamnapari sesuai dengan namanya adalah jenis kambing yang berasal dari India, di Indonesia kambing ini disebut kambing Etawa yang mempunyai ciri bertanduk pendek, dahi dan hidung cenderung cembung, telinganya panjang dan menjulai kebawah.

usaha ternak kambing etawa

Kambing Etawa bertubuh kekar, ini termasuk jenis kambing idola bagi mereka yang beternak kambing. Karena ada banyak keuntungan dari ternak Kambing Etawa (dan juga Peranakan Etawa / PE). Selain sebagai kambing pedaging yang bagus (untuk qurban, aqiqah, dan lainnya) juga betinanya dikenal sebagai penghasil susu yang sangat baik. Jenis Etawa Kaligesing dikenal sebagai kambing kelas kontes yang banyak dilombakan dan kambing kelas konten harganya bisa melambung tinggi.

Pelajari lebih lanjut seputar ternak kambing Etawa dan semua kelebihannya.

Kambing Peranakan Etawa / PE

Kambing Peranakan Etawa adalah hasil persilangan kambing Etawa dan kambing Kacang hanya saja dipilih jenis kelaminnya. Kambing jantannya dari jenis Etawa dan betinanya dari kambing Kacang. Hasil persilangan dominan pada kambing Etawa sehingga mewarisi keunggulan-keunggulan yang dimiliki kambing Etawa.

Kambing Koplo / Jawarandu

Dengan menyilangkan kambing jenis Etawa dan kambing Kacang didapat jenis kambing baru yang disebut kambing Jawarandu. Jawarandu adalah kambing persilangan Etawa dan Kacang namun hasilnya lebih mirip atau dominan dengan kambing Kacang atau lebih banyak mewarisi sifat dan keunggulan kambing kacang.

Kambing Boer

Asal kambing Boer ini dari daerah Afrika Selatan, dikenal sebagai jenis kambing pedaging. Boer dalam bahasa asalnya artinya adalah petani. Kambing boer dapat hidup pada suhu lingkungan yang ekstrim dari mulai suhu yang sangat dingin (-25 derajat celcius) hingga sangat panas (43 derajat celcius) dan mudah juga beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan

beternak kambing boer peluang usaha

Kambing Boer dikenal sebagai salah satu kambing pedaging, presentase daging dalam tubuhnya cukup signifikan. Bisa dilihat dari penampilannya yang gemuk dan kekar. Untuk yang beternak kambing Boer, betina sudah dapat dikawinkan pada umur 10 – 12 bulan namun biasanya tergantung besar tubuhnya. Kebuntingan untuk kambing Boer adalah 5 bulan dan dalam jangka 2 tahun bisa melahirkan anak-anak hingga tiga kali. Betina umur satu tahunan dapat menghasilkan 1 – 2 anak. Setelah beranak pertama, ia biasanya akan beranak kembar dua, tiga, bahkan empat. Menggiurkan bukan…?

Kambing Boerawa (Boer + Etawa)

Boerawa adalah hasil persilangan antara kambing jantan jenis Boer dan kambing betina jenis Etawa. Tujuan dari persilangan ini adalah untuk mendapatkan kambing dengan produksi daging yang tinggi dan memperoleh jenis kambing baru yang berpostur besar dan tinggi. Selain itu untuk mendapatkan kambing yang mampu beradaptasi dengan segala macam lingkungan, serta pertumbuhan yang cepat

Kambing Boerka (Boer + Kacang)

Boerka adalah hasil persilangan antara kambing jantan jenis Boer dan kambing betina jenis Kacang yang dikenal cepat dalam pertumbuhan dan beranak banyak. Jenis kambing hasil persilangan ini sifat unggulnya lebih bagus dari kambing lokal, cepat dalam pertumbuhan dan berbadan lebih besar seperti kambing Boer..

Kambing Saanen Swiss

Kambing Saanen berasal dari lembah Saanen, sebuah wilayah di Swiss bagian barat. Merupakan salah satu jenis kambing terbesar di Swiss dan terkenal sebagai kambing penghasil susu. Jenis kambing ini agak sulit dikembangkan di daerah tropis karena kurang bisa beradaptasi dengan suhu panas.

beternak kambing saanen peluang usaha ternak

Kambing Gembrong Bali

Jenis kambing yang banyak ditemukan di bagian timur Bali ini agak unik, bulunya yang lebat menutupi wajahnya sehingga sekilas mirip dengan anjing berbulu lebat. Jenis kambing gembrong pupolasinya tinggal sedikit sehingga muncul ide persilangan dengan kambing Etawa dan dinamakan kambing Gettah

Kambing Kosta

Kambing kosta merupakan hasil persilangan kambing Kacang dan kambing Khasmir, ciri kambing ini bertubuh sedang, bulunya pendek, tanduknya pendek, hidungnya terlihat rata. Kambing jenis ini bisa dijumpai di wilayah Jakarta dan Banten

Kambing Marica

Jenis kambing lokal yang hampir punah, masih bisa ditemui di wilayah sulawesi. Termasuk jenis kambing yang bandel bisa bertahan di wilayah yang kering dengan makan makanan seadanya.

Kambing Batak / Kambing Samosir

Termasuk jenis kambing lokal seperti halnya kamping kacang di jawa dan kambing Marica di Sulawesi. Kambing Samoris mempunyai ciri khas warna dominan putih sementara postur mirip dengan kambing Kacang. Mampu bertahan dimusim kemarau dan kering.

Jenis jenis kambing diatas adalah yang paling umum dijumpai di Indonesia, dan untuk bahan pertimbangan Anda supaya bisa membandingkan antara jenis jenis diatas untuk dapat memilih mana kira-kira yang menurut Anda paling cocok untuk diternak dan berpotensi penghasilan paling besar sebagai peluang usaha pengantar kesuksesan Anda tentunya.