Keberadaan ojek online seperti Go-Jek dan Grabbike sempat menjadi fenomena, khususnya di kota besar Jakarta dan Surabaya. Awal kemunculan Go-Jek bahkan sempat diwarnai dengan adanya berbagai kejadian tidak mengenakan karena para pekerja (tukang ojek) seakan merasa terganggu dengan kemunculan tukang ojek online ini. Nah mari kita bahas lebih lanjut tentang peluang usaha ojek online ini untuk mengetahui lebih jauh seluk beluk dan analisis peluang usaha sebagai ojek online.

Keberadaan tukang ojek online cukup ramai diperbincangkan beberapa waktu yang lalu dikarenakan saat mulai kemunculannya ada cukup banyak kasus seperti intimidasi dari ojek pangkalan sampai pada pelarangan oleh pak Menteri waktu itu. Mari kita bahas lebih lanjut tentang peluang usaha ojek online.

Semua Serba Online, Ojek-pun Online

Jual beli online sudah bukan hal baru lagi, sudah cukup lama aktifitas jual beli online dikenal oleh pengguna internet di Indonesia. Layanan jasa online juga sudah cukup banyak bertebaran di internet.

Kemunculan Android bisa jadi adalah salah satu faktor utama dari kemudahan semua yang berbau online, walau sebelumnya sudah banyak aplikasi berbasis mobile yang ada. Namun kemunculan Android dan marketplacenya Play Store telah membuat geliat startup semakin menjadi-jadi.

Di luar sudah dikenal tentang Uber Taxi, sebuah layanan taksi online yang juga cukup banyak diberitakan. Semua berharap pada kemudahan, tidak perlu harus berdiri di pinggir jalan untuk menunggu taksi datang atau menekan nomer telepon menghubungi kantor layanan taksi.

Peluang transportasi yang tidak ribet ini dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menciptakan startup baru. Alih alih pada kendaraan jenis mobil, justru yang dibidik adalah pengguna sepeda motor. Wajar jika di Indonesia khususnya Jakarta karena tingkat kemacetan tinggi. Taksi masih sangat mungkin terjebak oleh macet dan sulit keluar dari kemacetan, lain dengan sepeda motor yang dapat dengan leluasa melewati kemacetan atau bahkan mencari jalan alternatif untuk bisa sampai ke tujuan penumpang.

Modal Utama Ojek Online

Bagi pemilik sepeda motor, menjadi pengojek dulunya mungkin dianggap pekerjaan yang sepele dan kadang diremehkan. Tetapi persepsi orang telah berubah saat ini, karena dengan menjadi pengojek online bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Bahkan tidak perlu mencari pelanggan atau menunggu di pangkalan ojek. Ini adalah peluang usaha yang cukup bagus dan tidak lagi dipandang sebelah mata.

Modal utama untuk jadi ojek online juga tidak sulit, hanya ada dua modal utama , yaitu
– Sepeda Motor (untuk mengangkut penumpang)
– Smartphone (untuk instal aplikasi ojek online)

Cara Kerja Ojek Online

Menjadi Ojek Online salah satu keuntungannya adalah bisa memilih jenis pekerjaannya, mau full-time ataupun sampingan. Bisa memilih sendiri waktu kerja, mau kerja disaat jam sibuk atau jam santai? Tergantung dari kita sendiri.

Dengan aplikasi terinstal di smartphone, maka tunggu hingga ada pemberitahuan tentang penumpang yang butuh jasa untuk dijemput atau diantarkan. Posisi calon penumpang ditunjukan oleh aplikasi yang mengandalkan GPS, ojek online menuju tempat yang dituju menjemput dan mengantar ke tujuan. Setelah sampai kemudian melakukan konfirmasi penurunan  penumpang dan selesai. Tunggu penumpang lainnya melalui aplikasinya.

Penghasilan Ojek Online

Karena ojek online adalah ‘pegawai’ atau karyawan dari perusahaan maka mereka juga memiliki aturan tersendiri dalam memberikan karyawan mereka keuntungan. Go-Jek misalnya memberikan perhitungan bagi hasilnya 80:20 dengan rincian 80% untuk tukang ojek dan 20% untuk perusahaan.

Semakin sering membawa penumpang, maka penghasilannya semakin besar dan tidak sedikit pula yang berhasil membawa atau cukup sering membawa penumpang perharinya. Dari beberapa sharing dari tukang ojek online ada yang mengatakan bahwa dalam perhari ada yang bisa sampai mendapatkan keuntungan 1 jutaan. Sedangkan secara umum rata-rata penghasilan sebagai ojek online antara 200 – 500 ribu. Angka yang cukup lumayan sehingga menjadi peluang usaha sampingan yang cukup menjanjikan.

Siapa Yang Bisa Jadi Ojek Online?

Ini yang menggembirakan untuk semua orang, bahwa tidak ada pembatasan untuk bisa mendaftar sebagai tukang ojek online. Tidak hanya terbatas pada kaum lelaki saja, kaum wanitapun punya hak yang sama untuk bisa bergabung secara ojek online. Tidak terbatas pada mereka yang memang pengangguran maupun mereka yang masih memiliki pekerjaan lain.

Ibu rumah tangga yang mempunyai banyak waktu luang atau mahasiswi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa mendaftar sebagai ojek online.

So…? sahabat tertarik? Peluang yang bagus, namun masih terbatas di kota besar saja. Atau mungkin ingin tahu jenis peluang usaha sampngan lainnya yang cocok? Silahkan selalu kunjungi blog Wetoostudio untuk mendapatkan update ide peluang usaha.