Peluang Usaha Jasa. Usaha Laundry saat ini berkembang cukup pesat terutama di lokasi-lokasi perkotaan atau padat penduduk. Ada banyak usaha laundry yang bersaing dan tidak sedikit yang kemudian tidak mampu bertahan dan akhirnya gulung tikar.

Seperti apa sih peluang usaha jasa Laundry ini? Apakah begitu sulitnya sehingga banyak yang tumbang dalam persaingan? Bagaimana cara memulai bisnis usaha Laundry dan apa saja tips dan kiat agar usaha tersebut dapat terus bertahan dan sukses serta bertambah besar?

peluang usaha laundry dan tips kiat suksesnya

PERSAINGAN USAHA JASA LAUNDRY

Jasa Laundry memang banyak diminati sehingga banyak orang yang membuka usaha laundry, hal ini memberikan dampak persaingan yang cukup terasa sehingga akhirnya beberapa yang diantaranya kalah dan tutup.

Jika kita perhatikan di pemukiman padat penduduk di perkotaan, pada lokasi-lokasi strategis bisa dijumpai plang jasa Laundry di depan rumah penduduk. Bahan beberapa tidak puas dan merasa cukup hanya memasang plang kecil saja, mereka memesan banner berukuran besar dan mempromosikan jasa Laundry mereka termasuk juga menampilkan harga yang pastinya bersaing ketat dan terkadang mengklaim lebih murah dari kompetitornya.

Jika Anda ingin memulai jasa ini tentu harus melakukan pengamatan terlebih dahulu pada pesaing yang sudah lebih dulu menjalankan usaha laundry. Cari tahu tentang kelebihan dan kekurangan antar pesaing, apa saja yang membuat mereka berbeda. Lalu hasilnya bisa ditarik kesimpulan yang bisa dijadikan sebagai acuan Anda memulai.

Dengan mengetahui seluk beluk para pesaing tentu Anda jadi mempunyai ide, terobosan atau ide apa yang paling bagus diterapkan untuk menggaet calon pelanggan yang kemungkinan sebagian adalah pelanggan dari kompetitor.

PERSIAPAN SEBELUM MEMULAI USAHA LAUNDRY

awal memulai usaha laundry, persiapan memulai usaha laundry

Pengamatan Pada Kompetitor

Setelah sebelumnya melakukan pengamatan terhadap kompetitor, dengan hasil kesimpulan yang diambil. Anda bisa membuat list daftar hal-hal yang perlu ditekankan seperti misalnya tentang kualitas hasil cucian, kualitas mesin yang digunakan, harga yang lebih kompetitif, diskon untuk pelanggan setia (bulanan), diskon timbangan dan ide lainnya yang berguna untuk menarik perhatian atau “grab attention” dari calon pelanggan.

peluang usaja jasa laundry

Merinci Detail Biaya Usaha

Anda perlu membuat perincian biaya untuk memulai usaha, buat perincian detail untuk semua hal yang diperlukan ketika akan memulai usaha dan juga membuat perincian detail pengeluaran rutin bulanan untuk kelengkapan, sarana, peralatan, dan pendukung lainnya. Berikut ini sedikit gambaran ha-hal yang harus dimasukkan dalam daftar rincian biaya:

Mesin cuci, ada berapa unit mesin cuci yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Apakah cukup 1 buah atau lebih dari itu. Kemudian juga perlu diperhatikan dari segi efesiensi biaya apakah menggunakan mesin cuci otomatis, semi otomatis, atau jenis lainnya.

peluang usaja jasa laundry

Juga perlu memilih mesin dengan tepat dan kapasitas yang memadai, beberapa mesin cuci standar mampu memuat antara 7 – 15 kilogram.Kemudian juga perlu melakukan pemilihan mesin cuci yang kualitasnya bagus dan tentu saja jika membeli baru harus memilih yang selain bergaransi juga terdapat agen resminya di dekat Anda agar bila terjadi masalah dengan produk mesin cuci. Anda tahu harus kemana untuk memperbaikinya

Timbangan, ini salah satu alat penting yang harus disediakan. Trend jasa laundry adalah berdasarkan pada berat bahan cucian yang dihitung dalam satuan kilo. Anda mengenalnya dengan sebutan Laundry Kiloan, dan timbangan laundry ini dibutuhkan untuk menimbang berat bahan pakaian yang akan dicuci. Jenisnya ada berbentuk gantungan dan yang lebih ngetrend adalah timbangan meja.

timbangan-laundry-peluang-usaha-laundry

Anda bisa memilih jenis timbangan yang akan dipakai, jika ingin efesiensi baiaya khususnya pada usaha Laundry skala kecil maka gunakan dan pilih timbangan yang harganya lebih ekonomis.

Pengering, untuk jenis Laundry kering saat ini pada mesin cuci tipe tipe terbaru biasanya sudah ada fungsi pengeringnya. Tetapi jika tidak ada pengering otomatis, Anda harus mempersiapkan juga alat pengering lainnya. Ada produk-produk pengering laundry yang dijual, sebagian dibaut secara custom oleh jasa pembuatan mesin pengering dengan membuat ukuran yang bisa disesuaikan dengan ruangan atau lokasi mesin tersebut diletakkan.

mesin pengering laundry terpisah peluang usaha laundry

Mesin pengering umumnya dibuat berbentuk lemari dengan tabung gas sebagai bantuan pengeringnya dengan cara menghasilkan panas. Tetapi jika Anda merasa belum membutuhkan mesin pengering, Anda bisa mengeringkan pakaian dengan cara manual yaitu menjemurnya dibawah sinar matahari seperti yang umum dilakukan.

Setrika, digunakan untuk menyetrika pakaian yang telah kering agar terlihat rapi. Umumnya diperlukan beberapa buah setrika karena untuk mempercepat pekerjaan. Pekerjaan menyetrika bisa dilakukan lebih dari satu orang.

Listrik, perhatikan penggunaan listrik. Secara sepintas sebenatnya Anda sudah bisa memperkirakan estimasi biaya listrik yang digunakan dengan memperhatikan mesin mesin yang dipakai. Mesin laundry, mesin pengering, setrika, adalah contoh contoh beban penggunaan listrik. Mesin cuci dengan kapasitas besar dan watt besar akan memakan konsumsi listrik yang pastinya lebih besar pula.

biaya-listrik---usaha-laundry

Telepon, biaya penggunaan telepon harus dihitung juga karena Anda pasti butuh melakukan komunikasi dengan para pelanggan. Walaupun tidak selalu, tetapi dalam keadaan dan kasus tertentu Anda perlu menghubungi pelanggan missalnya jika ada masalah dengan pakaian yang dicuci dan sebagainya. Perbedaan penggunaan jenis operator telepon juga bisa membuat pembengkakan biaya telepon Anda.

usaha jasa laundry dan kiat suksesnya

Bahan habis pakai, adalah jenis jenis bahan pendukung yang digunakan untuk proses pencucian pakaian dengan mesin laundry. Berbeda dengan peralatan yang terus bisa dipakai tanpa perlu di ganti atau diisi ulang. Bahan habis pakai harus dihitung sebagai biaya rutin (umumnya dibelanjakan bulanan).

biaya bahan habis pakai usaha laundry

Persiapkan rincian juga untuk biaya biaya lain yang tidak terduga. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Walaupun mungkin bukan hal yang diharapkan terjadi namun ada kalanya Anda akan menemui beberapa kendala atau permasalahan yang menuntut Anda untuk mengeluarkan biaya lain.

TIPS DAN KIAT MENJALANKAN USAHA LAUNDRY

tips menjalankan usaha laundry, kiat sukses usaha laundry, tips bisnis usaha laundry

Apa saja kiat sukses untuk menjalankan usaha laundry agar tetap bertahan dalam persaingan? Beberapa hal berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan untuk membuat usaha tetap bertahan.

  • Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Ketepatan waktu, kerapihan hasil, dan kehati-hatian akan memberi nilai lebih kepada pelanggan. Karena usaha ini berorientasi pada kepuasan pelanggan jadi jangan buat pelanggan Anda kecewa dan lari ke pesaing Anda
  • Memberi harga yang kompetitif, harga yang lebih murah bisa menarik calon pelanggan untuk pindah dari kompetitor kepada Laundry Anda. Tetapi jangan membuat harga yang menjatuhkan kompetitor karena bisa jadi akan menjadi senjata makan tuan. Harga yang terlalu murah juga dapat membuat calon pelanggan ragu.
  • Berikan potongan harga, untuk pelanggan yang datang dengan timbangan pakaian yang cukup banyak, Anda bisa memberikan potongan harga. Bisa jadi memang mereka sengaja melakukan sistem borongan dan ingin mendapatkan potongan harga, berikan yang pelanggan inginkan.
  • Berikan potongan harga juga untuk pelanggan setia, tidak mudah mendapatkan pelanggan setia dan loyal selalu menggunakan layanan Anda. Tidak ada salahnya Anda memberikan mereka potongan harga pada saat tertentu sebagai kejutan.
  • Jika harus menyewa tempat untuk usaha, carilah lokasi yang lingkungannya orang-orang sibuk seperti lingkungan kost pekerja,kost karyawan atau mahasiswa. Bagi yang tinggal di dalam perumahan, lokasi perumahan biasanya cocok untuk usaha laundry.
  • Jika ingin mendapatkan pelanggan lebih luas, Anda bisa beriklan. Bisa dengan membuat spanduk dan dipasang di lokasi tertentu. Bisa juga memanfaatkan iklan melalui media online dengan menyasar wilayah lokal sekitar tempat usaha Anda.

ESTIMASI BIAYA MEMBUKA USAHA LAUNDRY

Berikut ini saya coba memberikan sedikit gambaran estimasi biaya yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha jasa Laundry. Dengan perbandingan usaha skala kecil dan skala sedang. Dengan daftar dalam tabel berikut paling tidak dapat memberikan Anda sedikit gambaran.

Kebutuhan Bisnis Laundry Kecil Sedang
Biaya Tetap
Sewa tempat rumah sendiri sewa setahun Rp.4.000.000
Peralatan
Mesin Cuci 8-10 kg Samsung (1 unit) Rp.5.000.000 Samsung (2 unit) Rp.10.000.000
Setrika Cosmos (2 unit) Rp.240.000 Cosmos (3 unit) Rp.360.000
Pengering Sinar Matahari  Mesin Full Otomatis Rp.4.000.000
Timbangan Duduk (1 unit) Rp.250.000 Meja Digital (1 unit) Rp.550.000
Total Tetap Utama Rp 5.490.000 Rp.18.910.000

NOTE: Harga diatas hanya estimasi, untuk lebih detail silahkan cek harga diwilayah Anda

Biaya lainnya seperti listrik dan telepon bisa dihitung belakangan, utamanya listrik  yang pasti akan berbeda dengan melihat besaran watt dari masing masing alat yang dipakai. Sementara biaya telepon tidak begitu signifikan dan dapat dimasukkan dalam biaya tak terduga.

Alat lain yang mungkin dibutuhkan contohnya adalah alat kebersihan, gantungan baju, alat alat tulis dan sebagainya. Masukkan dalam daftar biaya tidak terduga karena besarannya yang tidak dapat ditentukan dan tidak masuk dalam kebutuhan utama. Masukkan pula biaya bulanan untuk bahan habis pakai yang digunakan.

Sudah siap memulai usaha Laundry? Selamat beraksi dan semoga sukses… !!!