Peluang Usaha Kuliner, Sahabat WEETO… pasti masing-masing dari Anda punya jenis makanan kesukaan, yang terkadang karena saking suka akan dibela-belain untuk mencari sampai dapat demi sebuah kepuasan bisa menikmati makanan favorite. Bagi sahabat yang bertempat tinggal di wilayah ramai atau perkotaan mungkin tidak akan kesulitan untuk mencari semua jenis masakan atau kuliner. Karena sepertinya semua jenis kuliner itu bisa ditemukan dan didapatkan dengan mudah.

Tapi bagaimana ceritanya untuk sahabat yang mungkin tinggalnya di kota kecil atau bahkan di kampung, tentu kesulitan untuk bisa mendapatkan jenis-jenis makanan yang diinginkan karena memang belum tentu ada yang menjualnya di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Saat ini jaman sudah berubah, jenis usaha kuliner bukan lagi monopoli atau hanya ada di kota saja, di wilayah kota kecil atau kampung juga sudah ada beberapa orang yang memberanikan diri untuk membuka jenis usaha kuliner tertentu yang biasanya hanya dijumpai di kota.

Peluang usaha kuliner mungkin tumbuh subur di perkotaan, tetapi tingkat persaingan juga sangatlah tinggi sehingga banyak yang akhirnya gulung tikar karena tidak mampu bertahan dalam persaingan.  Selain itu juga banyak aspek lain yang mempengaruhi gagalnya usaha kuliner seperti halnya kesalahan memilih lokasi usaha. Umumnya usaha makanan akan sangat laris di lokasi yang padat penduduknya dan sebagian besar tipe konsumtif. Lokasi dengan konsentrasi penduduknya karyawan atau mahasiswa biasanya jadi contoh pilihan yang tepat untuk membuka usaha kuliner.. bahkan jenis kuliner apapun sepertinya bakalan laku di lingkungan ini.

Ada lagi penyebab lain yang mungkin sedikit berakibat fatal. Citarasa masakan yang dibuat adalah hal penting yang ditawarkan kepada pembeli, jika masakan yang ditawarkan tidak mempunyai nilai lebih dan bahkan buruk dalam citarasa maka itu termasuk usaha yang akan sia-sia…

Nah di halaman ini, kita akan menemukan kumpulan jenis-jenis usaha berhubungan dengan makanan alias usaha kuliner. Daftar jenis usaha ini mungkin bisa memberikan sebuah gambaran untuk yang sedang menjadi ide usaha makanan / kuliner. Dan daftar jenis usaha makanan ini juga akan selalu diupdate jenisnya…

No Jenis Usaha Makanan Contoh
1 Usaha Kuliner Ayam Ayam Bakar, Ayam Goreng
2 Usaha Kuliner Bakso Bakso Bakar, Bakso Urat, Bakso Malang
3 Usaha Kuliner Soto Soto Solo, Soto Merah Madura
4 Usaha Kuliner Sate Sate Ayam, Sate Daging Sapi, Sate Kambing
5 Usaha Jualan Gorengan Tahu Krispy, Bakwan Pedas, Pisang Molen, Risoles
6 Usaha Kuliner Martabak Martabak Keju, Martabak Telor
7 Usaha Kuliner Seafood Ikan Laut, Kepiting, Udang, dll
8 Usaha Kuliner Mie Ayam Mie Ayam, Pangsit
9 Usaha Kuliner Nasi Nasi Uduk, Sego Kucing
10 Usaha Kuliner Nasi Goreng Nasi Goreng
11 Usaha Kuliner Kue Basah Surabi, Lapis, Onde-Onde, Cucur, dll
12 Usaha Kuliner Bubur Bubur Sum-sum, Bubur Ayam, Bubur Kacang Ijo
13 Usaha Pecel / Penyetan Pecel Ayam, Pecel Lele
14 Usaha Kuliner Lontong Lontong Sayur, Lontong Balap, Kupat Sayur
15 Usaha Kuliner Siomay Siomay
16 Usaha Kuliner Batagor Bakso Tahu Goreng
17 Usaha Kuliner Ketoprak Ketoprak
18 Usaha Kuliner Gado Gado Karedok, Gado-Gado, Pecel

Berikut  beberapa penjabaran dari jenis usaha kuliner yang ada di dalam daftar

Usaha Kuliner Ayam Bakar Dan Goreng

peluang-usaha-kuliner-ayam-bakar-ayam-goreng

Ayam bakar atau ayam panggang adalah salah satu jenis kuliner yang banyak peminatnya, ayam memang termasuk yang jadi santapan favorite masyarakat kita. Kuliner ayam bakar manis juga selalu ramai dan jadi incaran penikmat kuliner. Siapa sih… yang tidak tergoda dengan aroma lezat dari ayam bakar? Selain menjual kuliner ayam bakar biasanya juga menyediakan ayam goreng sebagai menu pilihan lain untuk pembeli.

Peluang Usaha Kuliner Bakso

peluang-usaha-kuliner-bakso

Jenis kuliner bakso adalah favoritenya kaum wanita… dimanapun ada bakso bisa dipastikan disitulah berkumpulan kaum hawa, baik yang masih anak remaja, dewasa, sampai ibu-ibu juga adalah penikmat sejati bakso. Kuliner bakso sudah jadi salah satu kuliner yang paling memasyarakat, kita dapat dengan mudah mencarinya baik diperkotaan maupun di kampung. Peluang usaha kuliner bakso juga merupakan jenis usaha yang cukup banyak diminati. Dan ada banyak jenis bakso yang kita kenal seperti, bakso tenis, bakso urat, bakso ikan, bakso kikil, bakwan malang, bakso pangsit, dan lain sebagainya. Kira-kira mana yang paling laku…?

Peluang Usaha Kuliner Soto

peluang-usaha-kuliner-soto

Kuliner khas dari nusantara yang sudah tidak asing lagi, wujud fisiknya berupa sol kaldu daging dan sayuran. Kuliner ini punya banyak sebutan yang berbeda dibeberapa daerah di nusantara antara lain soto (umum di pulau jawa), sroto (khas banyumas – jawa tengah), sauto, tauto, atau coto (khas makassar). Di jawa sendiri ada cukup banyak soto yang khas membawa nama suka atau daerah, misalnya soto betawi, soto solo, soto lamongan, soto merah madura, dsb. Di luar ada coto makassar, soto banjar, soto medan, soto padang, dsb.

Peluang Usaha Sate (Ayam, Kambing, Daging)

peluang-usaha-kuliner-sate-daging-ayam-kambing

Kelezatan aroma daging bakar dan bumbu kecap terasa sangat menggugah selera siapa saja yang menghirupnya, sate jadi satu kuliner yang juga banyak diminati. Dan ini bisa jadi peluang usaha kuliner yang cocok dijalankan karena jenis kuliner ini selalu diburu, baik itu sate ayam, sate kambing, maupun sate daging. Bumbu sate berupa bumbu kacang maupun bumbu kecap menambah lengkap hidangan.

Peluang Usaha Gorengan

peluang-usaha-kuliner-gorengan

Bagaimanapun, gorengan juga termasuk makanan jadi masuk dalam kategori kuliner, dan lebih tepatnya dalam kategori kuliner murah meriah. Meski gorengan tergolong jenis makanan yang harganya murah tetapi justru itu membuatnya menjadi jenis kuliner yang laris manis. Gorengan bakwan, pisang goreng, pisang molen, ubi goreng, ketela pohon / singkong, risoles, lumpia, dan sejenisnya. Banyak kisah sukses penjual gorengan yang mulanya hanya berjualan dipinggir jalan hingga kemudian mampu membuka usaha dengan cabang-cabang. Gorengan pun tidak luput dari bisnis waralaba.. yup, betul sekali.

Peluang Usaha Kuliner Martabak

peluang-usaha-kuliner-martabak

Dari segi harga mungkin martabak tergolong agak mahal, tetapi siapa sangka jika martabak juga jenis kuliner jalanan yang laris manis. Yang paling kita kenal mungkin adalah martabak bangka yang sering kali kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Keuntungan usaha kuliner martabak bisa dibilang cukup tinggi karena martabak bisa dijual dengan embel-embel martabak special..

Peluang Usaha Kuliner Seafood

peluang-usaha-kuliner-seafood

Kuliner masakan laut atau yang lebih akrab disebut dengan seafood, adalah jenis kuliner yang bahan utamanya adalah ikan laut dan jenis-jenis kerang laut. Dari jaman dahulu ikan dan kerang sudah biasa menjadi santapan manusia dan hingga jaman modern ini seafood menjadi salah satu jenis kuliner yang menjadi buruan.

Bagi yang hidup di dekat laut atau pantai mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari, tetapi untuk wilayah lain yang jauh dari laut ini bisa jadi jenis makanan yang agak langka dan bisa jadi peluang bagus untuk membuak usaha kuliner seafood.

Peluang Usaha Kuliner Nasi Goreng

peluang-usaha-kuliner-nasi-goreng

Nasi Goreng ini kuliner khas Indonesia loh… dan sekarang sudah dikenal oleh dunia dan banyak ditemukan usaha kuliner nasi goreng diluar negeri baik oleh perantau asal Indonesia maupun oleh orang luar negeri sendiri. Termasuk jenis usaha kuliner yang mudah dilakukan, bahan-bahan pembuat nasi goreng juga tidak banyak atau bermacam-macam, cukup nasi dan bumbunya saja. Sebagai embel pelengkap biasanya diberikan telur goreng, suwiran daging ayam, terkadang juga sayuran seperti sawi atau kol. Pelaku usaha kuliner nasi goreng memang cukup banyak, jadi jika ingin memulai usaha ini mungkin perlu membuat nasi goreng yang unik seperti spesial pakai petay dan sebagainya. Dan jangan lupa… dari segi rasa harus diutamakan.

Untuk kuliner nasi lainnya seperti nasi uduk yang cukup populer di tengah masyarakat kita. Jika nasi goreng banyak di umpai malam hari, nasi uduk biasanya kita jumpai pagi hari sebagai alternatif sarapan pagi.

Peluang Usaha Kuliner Kue Basah

peluang-usaha-kuliner-kue-basah

Seperti halnya gorengan, kue basah juga masih masuk kategori kuliner dan memiliki pangsa pasar tersendiri. Kue basah juga adalah pilihan kuliner untuk sarapan seperti halnya nasi uduk, pengalaman saya sewaktu tinggal di kota Surabaya melihat bahwa kue-kue basah banyak sekali di jumpai dijual disaat pagi hari baik di pasar maupun di kios-kios kecil (dadakan) yang hanya buka dipagi hari.

Jenis kue basah cukup bervariasi, misalkan dadar gulung, cucur, apem, bolu kukus, kue lapis, kue lumpur, dan lain sebagainya. Bagi yang tidak terlalu suka sarapan nasi, jenis kue basah cukup laris sebagai pengganti sarapan mereka termasuk saya sendiri waktu itu. 🙂 . Dan yang menarik, penjual kue basah ini banyak saya jumpai di sepanjang jalan-jalan dan gang di Surabaya. Artinya persaingannya lumayan dan peminatnya juga banyak. Tertarik dengan peluang usaha kue basah…?

Usaha Kuliner Bubur (Ayam, Sumsum, Kacang Ijo)

peluang-usaha-kuliner-bubur-ayam

Bubur Ayam identik dengan makanan untuk sarapan, jenis menu sarapan yang cukup ringan dan mudah dicerna. Bubur ayam cukup populer sebagai jenis makanan pagi hari, walaupun juga tidak jarang kita temui kuliner ini juga dijual di waktu siang hari. Bagi yang tinggal di lokasi yang banyak terdapat pekerja, karyawan, dan juga perumahan karyawan dan kontrakan mahasiswa, jenis kuliner ini biasanya laris manis karena mayoritas pembelinya adalah mereka yang malas memasak atau tidak punya waktu untuk memasak sarapan.

Masih kuliner bubur, ada juga bubur sumsum yang bisa dijadikan sebagai alternatif jika sahabat ingin membuka usaha kuliner bubur, atau mungkin bubur ‘es’ kacang ijo dan ketan hitam yang segar dan lezat?

Usaha Kuliner Pecel Lele / Pecel Ayam

usaha-kuliner-pecel-lele-pecel-ayam

Pecel Lele dan Pecel Ayam sudah tidak asing buat kita semua, ini masakan nusantara yang sangat banyak peminatnya. Dengan menu utama lele atau ayam goreng yang disantap dengan sambal tomat dan sayuran segar, biasanya dengan pilihan nasi biasa ataupun nasi uduk. Kuliner pecel lele atau pecel ayam selalu laris manis diserbu pembeli.

Usaha kuliner jenis ini bagaikan jamur dimusim hujan, dimana tempat dapat dengan mudah ditemui. Dan setali tiga uang dengan pecel lele, dikenal juga penyetan lele (sebutan di daerah Jawa Timur) dengan bumbu sambalnya yang sedikit berbeda dan lebih terasa pedasnya.

Ada cukup banyak jenis peluang usaha dibidang kuliner yang bisa dicoba, paling tidak seperti yang tergambar dari daftar peluang usaha kuliner diatas. Dan juga daftar tersebut juga termasuk dalam kategori kuliner umum, bukan kuliner kelas atas dan harus pandai memasak ala chef..

Bagaimana…? sudah menemukan yang cocok? Atau ternyata kurang berminat dengan jenis usaha kuliner? Tenang saja, di website ini banyak informasi ide ide usaha yang mungkin bisa di-intip. Silahkan selalu kunjungi website ini untuk berbagai informasi peluang usaha, ada banyak jenis usaha dari berbagai kategori.