Peluang Usaha Kreatif. Hal-hal kreatif bukan hanya menghasilkan karya yang menarik dan bernilai keindahan namun lebih dari itu adalah sumber peluang usaha yang menjanjikan. Contohnya adalah pembuatan tas etnik yang saat ini terasa sekali geliatnya.

Beberapa tahun yang lalu baru ada beberapa nama dari produksi tas etnik beredar di pasaran dan internet. Hingga kemudian tas jenis ini mulai diminati oleh banyak orang sehingga membuat peningkatan permintaan akan tas etnik ini naik cukup signifikan.

Dan saat ini, persaingan yang cukup ramai telah terjadi dimana bukan hanya satu dua nama merek tas etnik yang bersaing tetapi sudah mencapai puluhan nama.

APA YANG MENARIK DARI TAS ETNIK ?

apa yang dimaksud tas etnik, ada daya tarik tas etnik?

Tas etnik sebenarnya adalah model tas biasa, dari bentuk dan model juga tidak berbeda dengan berbagai macam tas yang dulu ada. Hanya saja saat ini tas-tas biasa tersebut diberikan sentuhan berupa corak dan hiasan yang membuatnya menjadi tidak biasa dan lebih menarik.

Etnik yang dimaksud saat inipun sudah begitu universal, tidak terbatas pada motif yang benar benar etnik seperti makna etnik yang sesungguhnya yang tidak bisa dilepaskan dari kultur. Saat ini makna etnik lebih mengacu pada hal ‘tidak biasa’. Kita terbiasa melihat sebuah tas dengan berbagai bentuk dan warna tetapi jarang melihat yang kesannya begitu menonjol.

Bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

tas etnik tas handmade

Jika diperhatikan pada gambar conoth diatas, sebuah tas yang pada dasarnya adalah berwarna gelap, dan dipadu dengan dua warna yang cerah yaitu merah dan warna kalem abu-abu. Akan terlihat biasa andaikan tidak ada motif bunga-bunga diantaranya. Inilah yang disebut sebagai tas etnik masa kini yang ‘tidak terbatas pada arti etnik yang sesungguhnya’. Etnik hanya memberi kesan bahwa ini adalah ‘berbeda’ dengan yang biasanya.

tas etnik untuk laptop

Rata rata kaum wanita adalah yang menggemari model tas etnik ini, kebanyakan wanita karena memang lebih banyak model yang diperuntukan untuk wanita dan sangat minim sekali tas etnik dibuat untuk pria atau hampir boleh dikatakan tidak ada.

Apa sih daya tarik dari tas etnik hingga begitu digemari oleh banyak orang khusunya kaum wanita?

Selebriti bolehlah bangga dan pamer tas tas impor harta puluhan bingga ratusan juta dari merek merek terkenal. Orang biasa dan mereka yang bersahaja pasti tidak akan membeli tas tas mahal seperti itu. Mereka akan lebih memilih tas simple dan menarik seperti model tas etnik ini, harganya pasti lebih terjangkau dan juga tidak kalah fashionable tentu saja.

MERAMAIKAN PASAR TAS ETNIK

peluang usaha kreatif, usaha pembuatan tas etnik

Anda juga bisa memulai menciptakan tas etnik karya Anda sendiri, saya percaya trend tas etnik akan panjang umur seperti halnya trend pakaian dan peluang usaha dibidang ini akan berlangsung lama. Setiap saat orang bisa menghasilkan karya baru yang fresh sepeti halnya mereka produsen tas etnik yang saat ini sudah cukup punya nama. Dalam waktu yang berkala mereka mengeluarkan katalog baru dari tas tas etnik hasil karya mereka. Yang dibutuhkan hanyalah ide-ide kreatif baru untuk menciptakan tampilan dan model baru.

Mengenai ide, ide bisa datang dari mana saja, dimana saja, dan kapan saja. Melihat hasil karya kompetitorpun sah saja untuk mendapatkan inspirasi tetapi yang jangan sampai kemudian dituduh menjiplak hasil karya orang lain. Karya orang lain hanya dijadikan sebagai pemunculan ide ide yang baru.

Sebelum memulai tentunya juga sudah harus ada kematangan tentang sepeti apa produk yang akan muncul nanti. Harus ada nilai lebih dibandingkan yang sudah ada saat ini yang membuatnya lebih menonjol daripada kompetitor lain.

Ciptakan terlebih dahulu konsep konsep model yang akan dibuat, buat juga satu buah buah untuk setiap model untuk dijadikan acuan pembuatan selanjutnya.

Tas etnik kadang juga disebut sebagai tas handmade alias buatan tangan, tetapi saya yakin tidak sepenuhnya begitu. Tas etnik juga pastinya dibuat dengan bantuan mesin-mesin untuk memudahkan proses pembuatannya dan sebagian kecil benar-benar dikerjakan dengan tangan.

PEMASARAN TAS ETNIK

cara memasarkan tas etnik, pemasaran produk tas etnik

Model pemasaran paling baik saat ini adalah memalui media online, baik menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, aplikasi messenger, atau melalui website toko online. Media online membuka peluang pasar yang sangat luas dan tidak terbatas. Bukan hanya menjangkau konsumen lokal tapi juga mancanegara.

Itulah salah satu keuntungan yang bisa didapat dengan media online, saat ini semua orang juga sudah melek internet dan tahu bagaimana caranya berbelanja online.

Jika Anda kurang yakin mendapat kepercayaan konsumen dengan menjual langsung, Anda bisa menggunakan website Bukalapak atau Tokopedia untuk berjualan karena kedua website ini memiliki sistem yang bagus dan menjaga terjadinya tindak penipuan antara penjual dan pembeli.

Bagaimana…? Sudah siap beraksi?
Selamat berjuang dan semoga sukses…