Di jaman yang serba online saat ini, telah membuka jenis peluang usaha baru yaitu peluang bisnis online atau peluang usaha online yang bisa dijalankan dari rumah saja. Dan yang menggembirakan adalah jenis bisnis online ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan beberapa diantaranya adalah jenis usaha yang minim modal. Tetapi sahabat harus jeli, jangan sampai terjebak dengan berbagai kasus penipuan yang marak terjadi.

Peluang bisnis online banyak sekali ragamnya, dan di halaman ini akan coba mengulas berbagai jenis usaha online yang bisa dilakukan dari rumah. Beserta pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis usaha online tersebut.

Bagi sahabat yang awam dengan usaha / bisnis jenis ini pasti akan bertanya-tanya apa dan bagaimana peluang bisnis online tersebut. Gambar diatas adalah sebuah gambar bermakna provokatif, yang menggambarkan bahwa peluang bisnis online bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa melihat pada faktor usia. Jadi silahkan untuk disimak uraian panjang lebar mengenai peluang bisnis online di bawah ini.

JAMANNYA ONLINE DAN BISNIS ONLINE

Serba online, itulah gambaran yang paling cocok untuk menyebutkan dunia bisnis saat ini. Dunia usaha juga tidak ketinggalan, dengan kemudahan mendapatkan informasi dan juga kemudahan melakukan promosi membuat semua bisnis saat ini dijalankan juga dengan cara online.

Pasti sahabat sudah terbiasa dengan berbagai iklan yang muncul di halaman facebook, twitter, pesan bbm, pesan whatsapp. Contoh tersebut adalah sebagian dari cara berbisnis online yang dilakukan oleh pelaku bisnis online saat ini.

Perusahaan akan menggunakan sosial media untuk mengiklankan produk mereka, sementara pelaku usaha kecil selain menggunakan sosial media juga memanfaatkan aplikasi messenger untuk membantu mempromosikan produk mereka.

APA SAJA JENIS PELUANG BISNIS ONLINE?

jenis jenis bisnis online, jenis peluang bisnis online, contoh bisnis online

Mari kita perluas dan sedikit men-setara-kan antara bisnis online dan usaha online, walaupun keduanya agak sedikit berbeda, namun disini saya mengarahkan sahabat untuk memahami bahwa inti dari bisnis online dan usaha online adalah hal yang sama.

Berjualan Produk Real Secara Online

Ini adalah jenis peluang bisnis online yang paling umum dilakukan saat ini, semua orang saat ini melakukannya bahkan saya yakin sahabat juga melakukannya walaupun mungkin tidak disadari. Pernah menawarkan barang untuk dijual melalui facebook? atau memasang dp atau status whatsapp atau bbm dengan menawarkan barang?

Jika pernah melakukan hal tersebut artinya sahabat pernah berjualan secara online. Nah yang menarik ada dua jenis jualan online, yaitu jualan online dengan modal dan tanpa modal.

Jualan Online Dengan Modal & Produk

Menjual produk-produk dengan menyediakan stok adalah contoh usaha online dengan modal dan produk. Perusahaan tentu mengeluarkan modal untuk memproduksi berbagai jenis barang yang akan dijual, produk rumah tangga, produk fashion, produk elektronik, dan sebagainya. Mereka membuat dan mempunyai produk real mereka sendiri dan memiliki stok dari produk mereka tersebut.

Cara menjual produk dilakukan dengan berbagai metode:

Menjual produk melalui website sendiri. Untuk menunjukan keseriusan dalam penjualan produk secara online maka perlu membuat website sendiri. Dengan media website ini bukan hanya untuk memamerkan produk saja tetapi juga dapat memberikan kesan profesional dalam berbisnis.

peluang-bisnis-online-berjualan-melalui-website

Dengan website, pemilik produk dapat meyakinkan calon pembeli dengan memberikan informasi seputar profile perusahaan atau usaha, menampilkan legalitas atas perijinan dan sebagainya sebagai pendukung. Jika untuk meyakinkan pembeli untuk tidak takut membeli karena maraknya penipuan dalam jual beli online.

Mempromosikan produk melalui media sosial. Dengan cara membuat akun di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Mempromosikan produk dapat dilakukan dengan membuat Page atau grup di Facebook, atau beriklan menggunakan Facebook Ads yang disediakan oleh Facebook.

Yang diperlukan adalah membuat Page atau Grup yang berhubungan dengan produk yang di jual, atau mungkin bergabung dengan grup yang berhubungan dengan produk yang dijual. Bisa juga dengan mencari teman-teman baru yang mempunyai ketertarikan dengan produk yang dijual. Jika masuk ke grup tentang sepatu maka kemungkinan besar anggota grup adalah orang-orang yang tertarik dengan sepatu dan sangat potensial untuk menjadi calon pembeli.

Atau dengan cara memasang iklan melalui Facebook Ads. Contoh iklan yang dipasang oleh pelaku bisnis online di Facebook tampak seperti gambar dibawah ini. Perhatikan saat membuka beranda utama halaman facebook, dibagian bawah status teman-teman Anda akan muncul pesan bersponsor. Juga pada bagian sebelah kanan, terdapat lokasi yang disediakan oleh Facebook bagi pengguna yang ingin mempromosikan produknya.

peluang-bisnis-online-promosi-melalui-media-sosial

Selain Facebook, Anda juga bisa memanfaatkan Twitter sebagai media promosi, baik itu dengan membuat post tweet terkait produk atau memanfaatkan media periklanan yang disediakan oleh Twitter (seperti Facebook Ads)

Mempromosikan produk melalui Google. Ada dua cara yang bisa dilakukan disini, yang pertama dengan optimasi SEO (yang ini agak berat dilakukan karena harus bersaing dengan banyak sekali kompetitor). Cara kedua yang lebih mudah dan cepat adalah dengan menggunakan layanan berbayar Google Adwords. Memasang iklan melalui Google Adwords untuk dimunculkan pada halaman pencarian Google terkait kata kunci yang diketik pencari atau melalui publisher (blogger yang bekerja sama dengan Google Adsense).

peluang-bisnis-online-promosi-google-adwords

Jika Anda sedang mengunjungi sebuah halaman blog dan menemukan ada iklan seperti gambar diatas, ini adalah contoh iklan dari Google Adwords  yang dibantu promosi oleh pemilik blog yang terdaftar sebagai publisher Google Adsense.

Berjualan online melalui Marketplace. Cara ini adalah cara paling murah meriah, tidak perlu menyediakan website, tidak perlu beriklan melalu sosial media atau google. Cukup bergabung dengan website marketplace dan memasang produk disana. Ada yang bersifat gratis dan ada yang berbayar (kerjasama).

peluang usaha sampingan online

Contoh untuk yang gratis adalah Bukalapak dan Tokopedia, dan untuk yang berbayar seperti bergabung dengan Lazada, Matahari Mall, Blibli, dan beberapa marketplace lainnya.

Jualan Online Tanpa Modal, Tanpa Produk

Bagi mereka yang tidak memiliki produk tetapi tetap ingin berjualan online, ada cara yang umum digunakan. Bermodal koneksi internet, banyak orang yang mencoba peluang bisnis online sebagai reseller dan dropshiper. Caranya? Mereka mencari perusahaan yang menawarkan peluang untuk menjadi reseller atau dropshiper, posisi mereka kurang lebih sebagai tenaga pemasaran online yang membantu mempromosikan produk dan akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi penjualan.

Untuk menjadi reseller atau dropshiper biasanya perlu mendaftarkan diri kepada perusahaan yang bersangkutan (umumnya dilakukan secara online melalui website).

Jualan Online, Menjadi Reseller

Sistem reseller menggunakan data penjualan berdasar jumlah transaksi yang tercatat datang dari link reseller. Penjelasan mudahnya seperti berikut.

Anda mendaftar menjadi reseller pada perusahaan ABCD, kemudian mendapatkan link berisi kode yang bisa disebarkan melalui berbagai media sosial atau mesengger. Pembeli yang tertarik akan meng-klik link tersebut dan masuk ke website utama. Jika terjadi transaksi maka penjualan tersebut akan mencatat nama Anda dan nantinya akan memberikan komisi. Semakin banyak terjadi penjualan maka komisinya aan semakin bertambah.

Jualan Online, Menjadi Dropshiper

Sistem dropshiper agak sedikit berbeda, tetapi sama-sama tidak membutuhkan modal dan produk. Jika reseller berjalan secara otomatis, maka dropshiper masih secara manual.

Sahabat mungkin perlu mendaftar atau juga tidak perlu (tergantung pemilik produk), kemudian sahabat mempromosikan produk seakan itu adalah produk sendiri. Calon pembeli yang tertarik akan memesan  produk langsung pada Anda dan Anda kemudian menghubungi pemilik produk untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli.

peluang-bisnis-online-dropshiper

Pembeli membeli kepada Anda sebagai dropshiper  (membayar biaya produk)
Anda membeli kepada Pemilik Produk (membayar biaya produk)
Pemilik Produk mengirim kepada Pembeli.

Peluang bisnis online dropshiper mungkin sangat menarik karena minim modal dan tidak perlu memiliki produk sendiri, akan tetapi ada beberapa kekurangan yang sangat perlu diperhatikan bagi yang ingin menjalankan bisnis online menjadi dropshiper.

Kelemahan dan kekurangan menjalankan usaha dropshiper antara lain:

  • Tidak tahu ketersediaan atau stok barang / produk. Pelaku dropshiper tidak memiliki produk secara langsung jadi tidak tahu jika stok produk ternyata habis.
  • Tidak mengetahui kondisi produk secara langsung. Banyak keluhan dari pembeli kepada dropshiper karena ternyata produk yang dibeli berkualitas busuk. Hal ini wajar terjadi karena sebagai penjual kedua, jadi tidak bisa melihat yangsung produk yang dijual.
  • Keuntungan yang didapat tiap transaksi kecil. Hal ini disebabkan harga jual oleh dropshiper tidak jauh berbeda harga jual langsung dari pemilik produk.

Itulah bahasan tentang peluang bisnis online, mari lanjutkan dengan peluang usaha online. Seperti yang saya singgung diatas bahwa antara bisnis online dan usaha online kurang lebih sama. Sama mengandalkan internet (online) untuk mendulang rejeki.

Contoh Contoh Peluang Usaha Online

contoh usaha online, jenis usaha online, ide usaha online, peluang usaha online

Di dunia yang serba online, banyak sekali peluang usaha yang juga bisa dilakukan secara online. Beberapa diantaranya adalah yang telah dibahas diatas yaitu berbisnis online / jualan online. Dan lebih detail lagi, berikut ini contoh contoh ide usaha online, peluang usaha online yang banyak dilakukan oleh pengguna internet saat ini.

Peluang Usaha Online : Penulis / Copy Writer

Untuk yang suka menulis, suka membaca, dan suka pengen tahu dengan banyak hal sehingga mempunyai banyak sekali pengetahuan. Ide usaha online satu ini cocok dikerjakan. Menjadi penulis, jasa menulis artikel, jasa review produk, dan sebagainya. Ada banyak orang di internet yang membutuhkan tulisan / artikel untuk website atau blog mereka. Dengan alasan tidak pandai menulis, atau tidak ingin membuang waktu maka mereka mencari jasa penulis untuk membuatkan konten bagi website mereka.

Anda bisa membantu mereka membuatkan konten, dengan memberikan tarif artikel tertentu. Umumnya lebih murah untuk artikel bahasa Indonesia daripada untuk permintaan artikel dalam bahasa Inggris. Jika Anda memiliki keterampilan dan penguasaan bahasa Inggris yang bagus maka peluangnya semakin bagus.

Peluang Usaha Online : Menjual Stok Photo

Suka dengan photography dan punya banyak koleksi stok photo, daripada hanya menjadi simpanan tentu akan menjadi lebih menguntungkan jika menjualnya di website-website yang menjual stok photo. Anda bisa mendaftar pada website penyedia stok photo dan kemudian mengupload hasil karya ke dalam website tersebut. Anda akan mendapatkan royalti jika photo tersebut laku terjual. Dan ini bisa jadi sebuah investasi bagi Anda sepanjang waktu karena sekali mengupload photo maka uang akan mengalir jika semakin banyak yang berminat dan membeli photo karya Anda tersebut

Peluang Usaha Online : Jasa Desain Website