Sahabat punya keterampilan Pangkas Rambut? Pangkas rambut adalah salah satu jenis pekerjaan yang didasarkan pada keterampilan atau keahlian. Tidak semua orang dapat menguasai berbagai teknik pangkas rambut.Bagaimana analisis peluang usaha pangkas rambut dan apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin membuak usaha pangkas rambut atau sering juga disebut tukang cukur?

Jika sahabat memiliki bakat sebagai seorang tukang potong rambut atau pangkas rambut dan posisi sahabat saat ini sedang tidak bekerja maka ambillah peluang usaha pangkas rambut ini.

Pangkas rambut bisa menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan jika sahabat tekun menjalaninya dan juga punya kemahiran dengan jenis pekerjaan bidang jasa satu ini. Jika memiliki modal maka jangan tanggung menjadi tukang pangkas rambut biasa tapi jadilah tukang pangkas rambut mandiri dan memiliki tempat permanen untuk menjalankan usaha ini.

Pekerjaan berdasar ketrampilan dan bakat akan lebih mudah dijalani karena sudah tahu betul seluk beluk dari jenis pekerjaan tersebut. Namun juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memulai usaha pangkas rambut.

Hal berikut ini tentu berhubungan dengan kelancaran usaha pangkas rambut nantinya, jadi silahkan simak beberapa point penting yang harus diperhatikan dan disiapkan.

Menyiapkan Alat Lengkap Pangkas Rambut

Bekerja sebagai pangkas rambut tidak hanya cukup memiliki gunting dan sisir saja, karena dua benda tersebut hanyalah peralatan paling mendasar. Paling tidak penuhi beberapa jenis peralatan lain pendukungnya. Peralatan yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha pangkas rambut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Gunting potong dan gunting sasak
    Peralatan paling utama dan wajib dimiliki oleh seorang tukang cukur / pangkas rambut adalah gunting. Ada 2 jenis gunting yang umum dipakai yaitu gunting potong biasa dan gunting potong sasak (bergerigi)
  • Sisir bergigi rapat dan bergigi jarang
    Sisir digunakan untuk merapikan rambut, sisir digunakan sebagai pasangan utama gunting saat sedang memangkas rambut pelanggan untuk melihat tingkat kerataan hasil potongan dan untuk memudahkan proses pemotongan
  • Semprotan berisi air
    Ada kalanya rambut sulit untuk disisir karena kering, diperlukan semprotan untuk membasahi rambut agar menjadi lebih mudah disisir. Semprotan ini mengeluarkan air tipis seperti embun dan dapat mengenai rambut engan rata dan tidak membuatnya menjad lepek saat akan dipotong.
  • Sebuah kaca cermin
    Cermin lebih diperuntukan bagi pelanggan, dimaksudkan agar ketika dipotong mereka bisa melihat seperti apa bentuk baru rambut mereka. Pelanggan bisa langsung memberitahukan jika ia ingin bagian tertentu tidak dipotong atau justru ingin dipotong lagi.
  • Sebuah kursi untuk duduk pelanggan
    Untuk memudahkan pangkas rambut, pelanggan perlu untuk berada didalam posisi tetap dan tidak berubah. Sediakan sebuah kursi untuk duduk pelanggan
  • Pisau cukur
    Ada beberapa pelanggan yang mungkin memiliki jambang, kumis, dan bulu-bulu rambut halus. Pisau cukur dapat digunakan untuk merapikan bulu halus dan memotongnya dengan cara dikerik. Pekerjaan ini tidak dapat dilakukan dengan gunting jadi harus dengan pisau cukur yang tajam.
  • Sabun
    Penggunaan sabun pada pangkas rambut sering kali ditemukan, ini khususnya dipasangkan dengan penggunaan pisau cukur. Sabun dioleskan ke bagian yang akan dikerik untuk membuatnya licin saat pengerikan sehingga tidak kasar saat pisau cukur bergesekan dengan kulit kepala.
  • Kain lebar untuk menutup pakaian pelanggan
    Penggunaan kain adalah agar rambut yang terpotong (memiliki ujung yang runcing) biasanya akan masuk dan menancap dipakaian pelanggan yang sedang dipangkas rambutnya. Dengan melilitkan kain menutupi pakaian maka akan menghindari hal tersebut. Biasanya kain dililitkan ke bagian depan dan di jepitkan di bagian belakang tepat di area kerah pakaian.
  • Jepitan untuk menjepit kain
    Bisa menggunakan jepitan rambut wanita untuk menjepit kain yang dijelaskan diatas

 

Dengan semua modal diatas maka telah dianggap cukup sebagai untuk memulai terjun kedalam pekerjaan sebagai tukang pangkas rambut. Jika mempunyai modal yang cukup maka ada baiknya menyiapkan peralatan yang lebih modern seperti alat cukur listrik untuk mempercepat proses pangkas.

Mempersiapkan Tempat Usaha Pangkas Rambut

Mungkin kita sering melihat di kota-kota ada tukang pangkas rambut yang berkeliling. Mereka bekerja dengan cara menjemput atau mencari pelanggan. Hal tersebut syah saja dilakukan tetapi tentu akan sulit mendapatkan pelanggan karena tidak punya wilayah tetap.

Perlu untuk menentukan lokasi untuk menjalankan usaha ini. Walaupun bisa memanfaatkan tempat dimana saja termasuk ditempat terbuka tapi sangat lebih baik jika menyiapkan sebuah ruangan sendiri. Bisa membuka pangkas rambut di rumah sendiri atau bisa juga menyewa sebuah tempat yang tidak terlalu jauh dari pusat keramaian. Dengan alasan jika berada di pusat keramaian biasa sewa tempat mahal maka ambil yang berada di sekitar luarnya agar biaya sewanya bisa lebih ditekan.

Tingkatkan Keterampilan Memangkas Rambut

Anda mungkin sudah tahu banyak tentang ilmu memangkas rambut tetapi juga jangan berhenti untuk update informasi tentang berbagai hal berhubungan dengan pangkas rambut.

Modal lainnya tentu saja adalah kepercayaan diri, ikuti kemauan dari pelanggan dan yakin apapun yang diinginkan oleh pelanggan, Anda bisa memenuhinya. Seiring bertambahkan jam terbang maka keterampilan dalam memangkas juga akan semakin baik

Memahami Trend Gaya Rambut Terkini

Kiblat gaya manusia jaman sekarang sudah jauh berbeda dan juga sebagian unik. Ada banyak sekali trend berkembang dan diikuti. Jenis potongan rambut dari yang biasa sampai yang luar biasa harus Anda pelajari agar apa yang diinginkan pelanggan dapat Anda kerjakan.

Jika semua syarat diatas sudah terpenuhi selanjutnya Anda sudah siap memulai usaha pangkas rambut mandiri Anda. Semua jenis pekerjaan ada suka dan dukanya, yang terpenting adalah Anda menjalaninya dengan sepenuh hati. Selain berusaha juga jangan lupa untuk berdoa.

Selamat berkarya…