Peluang Usaha Jasa Kurir. Jasa pengantaran barang mungkin sudah banyak dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman seperti JNE, TIKI, POS dan sebagainya. Kirim mengirim barang ke luar kota, luar pulau , sampai ke luar negeri dilakukan oleh perusahaan perusahaan pengiriman besar tersebut. Tetapi untuk penggunaan jasa kurir yang hanya melakukan antaran dalam kota apakah mereka akan memilih jasa kurir TIKI atau JNE?

Rata rata kiriman dalam kota menginginkan pengantaran segera sampai hanya dalam hitungan jam, terlebih jika kiriman tersebut adalah paket makanan yang tidak bisa tahan lama hingga seharian. Disinilah peluang usaha jasa kurir ini muncul khusus untuk pengirimanĀ  dalam kota. Misalnya saja di kota Jakarta, pengirim berasal dari Jakarta Barat dan barang dikirim ke Jakarta Timur tentu mereka ingin barang diantar dan sampai hari itu juga karena jarak kedua lokasi ini dekat dan mungkin hanya terkendala oleh macet saja.

peluang usaha jasa kurir

Mengandalkan jasa pengiriman besar seperti TIKI dan JNE mungkin kurang efektif jika hantaran hanya dalam kota, pengiriman bisa jadi akan sampai lebih lambat dari pada jika menggunakan jasa kurir khusus dalam kota.

Jika kita perhatikan, untuk kiriman yang dilakukan oleh jasa kurir terkenal tersebut umumnya proses pengiriman harus melalui beberapa proses pengecekan dan barang baru dikirim malam hari bahkan jika kita mengirimnya pada waktu pagi atau siang hari.

Jasa kurir khusus tidak membutuhkan tetek bengek check ini dan itu karena barang yang mereka antar atau kirim biasanya hanya sedikit. Cara kerja jasa kurir sebagai berikut ini:

  • Menerima telepon dari pelanggan
  • Datang ke alamat pelanggan untuk mengambil barang
  • Mengantar barang (dalam hitungan jam)
  • Barang sampai ke alamat penerima

Dengan hanya melayani satu pelanggan, maka tugas pengantar paket ini tidak akan terbagi dengan yang lain. Setelah menerima barang mereka akan langsung berangkat menuju ke alamat tujuan paket dikirimkan.

JASA KURIR DALAM KOTA / CITY COURIER

Apakah sulit menjalankan usaha jasa kurir dalam kota?

Untuk memulai sebuah usaha jasa kurir, berikut ini beberapa hal yang dibutuhkan

  • Kendaraan angkut. Kendaraan yang dimaksud adalah sepeda motor, karena pada umum nya paket kiriman hampir rata rata bisa di bawa menggunakan sepeda motor. Hanya sebagian kecil paket berukuran besar dan butuh dibawa dengan mobil.
  • Karyawan / kurir. Perlu merekrut karyawan yang memiliki pengalaman dan penguasaan terhadap jalan jalan di wilayah operasi. Ini akan memperlancar saat pengiriman barang dilakukan akan menjadi lebih cepat karena kurir sudah paham medan.
  • Nomer telepon. Jika memang sudah siap dan ingin fokus maka gunakan nomer telepon tersendiri yang hanya digunakan untuk melayani pelanggan yang melakukan order.
  • Menetapkan harga. Tentukan tarif kiriman untuk kiriman, biasanya ada beberapa perbedaan tarif untuk jenis paket kiriman. Misalnya kiriman berupa barang akan berbeda dengan kiriman berupa makanan dengan memperhatikan tingkat kesulitan atau resikonya.
  • Menetapkan alamat kantor. Tidak harus benar-benar membuat kantor, bisa mengggunakan alamat rumah sendiri karena yang terpenting adalah pelanggan tahu kemana mereka harus datang jika terjadi masalah.
  • Semangat kerja. Semua usaha pasti menghadapi berbagai kendala, bisa berasal dari diri sendiri, dari karyawan, dan dari pelanggan yang mungkin tidak puas dengan pelayanan.

Anda juga perlu menjalin kerjasama dengan pihak lain, menghadapi kemungkinan jika ada kiriman yang tidak mampu dihandle sendiri. Terkadang Anda perlu menggunakan jasa lain untuk mengantarkan paket dari pelanggan ke tujuan.

usaha-kurir-paket-dalam-kota

Jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, Anda perlu melirik usaha jasa kurir ini karena dikota besar tersebut aktifitas kirim mengirim paket, barang, makanan, dokumen banyak sekali terjadi setiap hari. Ini kesempatan yang bagus untuk dimanfaatnya.

Jika betemu dengan pelanggan yang potensial, Anda bisa menawarkan jasa antarĀ  paket rutin denagn harga yang lebih murah. Misalnya ada pelanggan yang rutin setiap hari mengantarkan makanan katering, Anda bisa menawarkan layanan antaran setiap hari kepada pelanggan tersebut.

peluang-usaha-jasa-kurir-city-courier

Menjaga kepercayaan pelanggan adalah hal yang mutlak, jika pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan tentu mereka kemunginan besar akan kembali menggunakan jasa Anda untuk kiriman paket barang selanjutnya.

Tips : mencari karyawan yang memiliki kendaraan sendiri, ini akan lebih meringankan. Tetapi tugas Anda tentu saja memberi jatah uang transportasi untuk pembelian bahan bakar / bensin sebagai syarat kendaraan karyawan Anda dapat beraktifitas dengan normal setiap harinya.

Tertarik dengan info usaha jasa kurir ini…? Segera beraksi dan semoga sukses…!!!