Boneka Danbo sangat populer di dunia photography, boneka kardus unik bernama asli Danboard ini sudah biasa menjadi objek photo untuk menciptakan gambar-gambar ekspresi. Namun ternyata untuk membeli boneka Danbo asli cukup lama, harus pesan ke Jepang dan juga akan sampai dalam waktu yang lumayan lama.

Peter dan Widya Wijaya melihat hal ini sebagai peluang usaha bisnis boneka Danbo. Kisaran harga yang tinggi (sekitar 600 ribu) dan relatif sulit terjangkau oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia, membuat mereka  akhirnya memutuskan untuk mencoba membuat boneka Danbo dengan keterampilan tangan mereka sendiri.

Karena memang peminat boneka Danbo lumayan banyak maka pemesan terus bertambah. Bahkan ada kalanya Peter dan Widya kewalahan menangani pesanan.Widya dan Peter pun berencana merekrut karyawan untuk membuat boneka yang tersedia dalam berbagai macam ukuran dan rupa.

Namun tidak mudah merekrut karyawan baru di bisnis ini. Karena untuk menyelesaikan satu boneka dibutuhkan ketelitian yang amat tinggi. Mereka takut bukannya menaikkan omzet, pelanggan malah berkurang karena kualitas bonekanya semakin jelek,

Pertama kali berjualan, Widya dan Peter tidak membuka toko untuk memininimalkan resiko. Mereka membuka penjualan boneka Danbo ini di salah satu forum jual beli di internet. Tidak disangka hasil karya mereka yang di share di forum ternyata banyak yang berminat dan memesan.

Hingga setahun, akhirnya mereka buka toko, setelah datang banyak permintaan dari pembeli. Ada beberapa alasan Widya dan Peter akhirnya membuka toko sendiri. Pertama, ingin membuat konsumen semakin percaya dengan keseriusan mereka menjajaki bisnis ini. Kedua, dengan membuka toko ini konsumen bisa datang dan melihat bagaimana bahan dan bentuk boneka yang akan mereka pesan dengan mendatangi toko mereka.

Widya pun menjelaskan bahwa dengan membuka toko maka kepercayaan pelanggan semakin meningkat. Karena, dalam penjualan online tidak ada barang yang bisa benar real dilihat dan hanya berupa penjelasan atau foto saja.

INTERMEZZO : Boneka Danbo : Peluang Usaha Modal Kecil Dan Kreatifitas

Dalam membuat boneka mereka pernah melalui proses trial and error membuat boneka Danbo selama kurang lebih dua tahun. Namun seiring dengan kegigihan dan masukan dari para pelanggannya, kualitas dan kuantitas boneka Danbo buatan mereka semakin meningkat. Karena semakin terbiasa mengerjakannya, mereka akhirnya mampu menghasilkan 7 hingga 12 boneka ini per hari.

Mereka juga selalu mengambil resiko yang ada dalam setiap kegiatan jual beli. Entah sudah berapa jumlah boneka yang harus mereka ganti karena begitu sampai kepada konsumen ternyata kondisinya rusak.

Kejadian seperti ini, menurutnya cukup sering dan tidak berada dalam kendali mereka. Sebab, dalam proses pengiriman, perusahaan pengirimanlah yang seharusnya bertanggung jawab.

Peter dan Widya tahu betul bahwa boneka Danbo ini kemungkinan hanya bersifat musiman. Sejak itulah pasangan ini mengandalkan sisi custom untuk mengembangkan sekaligus membedakan pembuatan boneka ini. Dengan diversifikasi inilah produk mereka bisa bertahan. Pesanan untuk produk Danbo custom saat ini malah datang lebih banyak daripada yang menyerupai bentuk aslinya.

Keuntungan yang didapat dari bisnis boneka Danbo mereka cukup besar. Meski tak menjelaskan berapa keuntungan, namun Widya memastikan bahwa itu sepadan. Sebab, ada resiko barang rusak di setiap pembuatannya dan biaya tersebut tidak dibebankan kepada konsumen.

Sumber Viva News

Untuk info seputar inspirasi usaha / ide usaha silahkan kunjungi dan simpan alamat http://wetoostudio.com/inspirasi/ . Website ini juga menyediakan berbagai info seputar peluang usaha yang bisa ditemukan dari berbagai kategori jenis usaha.