Salah satu contoh sukses usaha kuliner di Ind0nesia adalah rumah makan Bumbu Desa, di mall-mall besar di kawasan Jakarta rumah makan / restoran ini sudah tidak asing lagi. Dengan menu andalannya yaitu kuliner khas sunda. Sejak berdiri sampai akhir tahun 2015, Bumbu Desa pernah membuka 67 outlet yang tersebar di berbagai kota Indonesia, juga terdapat di Malaysia dan Singapura.

Bumbu Desa sendiri didirikan sebagai bentuk dedikasi dan apresiasi bagi para jagoan masak “jaman baheula”, kaum ibu serta pembantu rumah tangga yang telah banyak berkontribusi dalam memperkaya kekayaan khasanah aneka ragam makanan masakan Sunda dan Indonesia dari dahulu hingga sekarang.

Berawal dari sebuah kecintaan keluarga besar Santoni terhadap masakan tradisional tanah Pasundan (masakan sunda), ada ada cukup banyaknya koleksi masakan yang keluarga yang di miliki. Akhirnya keluarga Santoni memberanikan diri untuk mewujudkan membuat sebuah tempat makan yang bisa diterima oleh para pecinta masakan sunda.

Bumbu Desa menyediakan menu utama makanan khas tanah sunda Jawa Barat kualitas bintang lima. Karena tempatnya yang cukup bagus (contohnya di mall) dan harganya yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah makan sunda sejenis.

INTERMEZZO : Daftar Ide Usaha Kuliner

Dengan mengandalkan ratusan resep keluarga yang dimiliki, Bumbu Desa mulai membuka gerai yang pertama di jalan Laswi Bandung pada tahun 2004. Usaha kuliner khas tanah sunda ini dibangun oleh Santoni dimulai hanya dengan modal 8 juta, dan saat ini Bumbu Desa telah mebnjadi salah satu contoh jenis usaha waralaba yang sukses dan mulai Go International.

Untuk menyempurnakan keanekaragaman masakan di Bumbu Desa, dibentuk sebuah tim kecil yang tugasnya untuk melakukan penelusuran masakan-masakan lain yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat yang mungkin belum populer.

Sebagai sebuah usaha yang telah menjadi bisnis waralaba, kini omset dari Bumbu Desa sudah mencapai miliaran Rupiah perbulannya dengan jumlah gerai yang semakin hari semakin bertambah, baik dari Indonesia sendiri atau dari luar negeri.

Misi utama Bumbu Desa adalah mengenalkan makanan khas tanah sunda ke seluruh dunia, Santoni orang yang ada di balik kesuksesan Bumbu Desa ini berhasil membawa kelezatan makanan tradisional Indonesia sampai ke luar negeri.

Sumber : Bumbudesa.Com

Sahabat Wetoo, bagaimana? Apakah cukup menginspirasi? Masih ada banyak kisah yang bisa dijadikan inspirasi usaha di blog ini. Juga ada cukup banyak ide peluang usaha yang mungkin salah satu menarik untuk sahabat jalankan.