Untuk menempuh pendididkan tinggi, butuh biaya yang tidak sedikit. Dengan kemauan tersebut banyak mahasiswa yang membiayai kuliahnya secara mandiri tanpa harus merepotkan orang tua. Sebagian ada yang kuliah bekerja paruh waktu, sebagian malah sudah terjun berwirausaha. Tetapi jalan yang dipilih gadis asal Bantul, Yogyakarta bernama Indar Prastiwi cukup unik dan menginspirasi.

Sehari-harinya gadis bernama Indar Prastiwi ini sibuk beternak kambing. Dari hasil beternak kambing ini Tiwi membiayai sendiri dan membayar uang kuliahnya di Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta.

Awalnya Tiwi membeli kambing anakan jantan jenis Etawa. Kemudian kambing tersebut dipelihara hingga besar dan menjadi kambing Etawa pejantan dewasa. Selanjutnya Tiwi membeli lagi kambing indukan yang akan dikawinkan dengan kambing pejantannya. Perkawinan keduanya pun melahirkan anakan kambing Etawa.

Setiap satu semester Tiwi menjual satu anak kambing untuk membayar uang kuliahnya. Begitu seterusnya dia lakukan hingga lulus dari kuliahnya di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Tidak hanya dari hasil penjualan anakan kambing saja penghasilan Tiwi, dia juga mendapat uang tambahan dari hasil kontes pejantan yang dinamainya “Dewangga” Kambing jenis Etawa memang dikenal sebagai kambing kelas kontes. Bahkan, harga jual kambing pejantan miliknya meroket hingga pernah ditawar Rp 50 juta.

Selain itu, sebagai pejantan unggulan, Dewangga sering dimanfaatkan oleh sesama peternak untuk dijadikan pejantan dan dikawinkan dengan kambing mereka. Sekali melakukan pembuahan, Tiwi mendapat bayaran Rp300 ribu.

Tiwi tidak pernah mematok tarif. Beritanya tersebar dari mulut ke mulut. Dan itu juga bukan tarif ya, melainkan ganti untuk biaya pakan dan perawatan kambing.

dari beternak kambing Tiwi telah berhasil hingga lulus kuliah dan masih terus mendapatkan penghasilan dari ternak kambingnya. Mesti begitu Tiwi tidak ingin menyia-nyiakan hasil kuliahnya. Tiwi bekerja sebagai guru honorer di sebuah SMP swasta di Bantul.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/11/20/65/1252809/gadis-ini-bayar-kuliah-dengan-beternak-kambing