Warga Dusun Somoroto, Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing mengembangkan wisata edukasi Pengolahan Susu Kambing PE. Warga dusun yang kebanyakan beternak kambing mencoba memanfaatkan potensi yang dimiliki desa berupa sentra pengolahan susu kambing PE (peranakan etawa) ras Kaligesing. Menjadikan dusun sebagai lokasi wisata pendidikan khususnya dibidang peternakan.

Bagi yang datang berkunjung ke dusun ini akan diajari bagaiamana cara memerah hingga mengolah susu menjadi berbagai produk. Pengelola wisata bernama Antonius Wahyu mengatakan, gagasan wisata edukasi itu untuk mengenalkan pengolahan susu kambing kepada masyarakat karena walau susu kambing sudah cukup populer di masyarakat, tetapi tingkat konsumsinya masih sedikit. Hal itu terjadi karena minimnya informasi yang diterima masyarakat tentang susu kambing PE.

Wisata edukasi juga diharapkan akan memberikan motivasi kepada pata peternak kambing di Kaligesing untuk terus maju. Jika pengembangan wisata edukasi pengolahan susu kambing ini berhasil, maka peternak di Kaligesing semakin bersemangat memerah susu kambingnya

manfaat susu kambing untuk kesehatan

Pasokan susunya juga akan jadi semakin banyak dan konsumsi susu kambing di masyarakat semakin merata. Wisatawan yang datang kesini akan mengikuti sejumlah aktivitas wisata edukasi yang pastinya mengasyikan. Dimulai dari mengikuti proses memerah susu kambing. Setelah itu melihat atau terlibat dalam memasak susu menjadi susu bubuk dan karamel.

Kemudian pengunjung akan diajari pengemasan susu kambing. Lokasi peternakan yang berada di lereng Perbukitan Menoreh juga tepat untuk jadi sebuah objek wisata. Disana juga ada air terjun Setawing, Gua Anjani dan kolam renang di sekitar peternakan. Semua diintegrasikan menjadi paket-paket wisata.

Salah seorang peternak kambing PE Kaligesing mengemukakan pemanfaatan sentra kambing menjadi objek wisata merupakan sebuah usaha untuk melestarikan ternak primadona Purworejo itu. Selama ini kebanyakan peternak masih jual anakan dan indukan saja, jadi memang ada kekhawatiran kalau kambing kualitas super keluar dari Purworejo.

Potensi susu kambing PE di wilayah Kaligesing sangat besar karena ribuan ekor kambing betina bisa memasuki masa laktasi atau bisa diperah bersamaan. Seekor betina produktif perkiraan akan menghasilkan keuntungan Rp 3 juta dari susu, selama empat bulan masa laktasi.