Banyak remaja putus sekolah yang merasa cita-citanya tidak akan pernah terwujud. Tidak memiliki semangat juang untuk meraih prestasi dalam hidupnya.Tapi lain dengan Benny Irawan, pengusaha ternak ayam petelur dan trading pakan ternak ayam kelahiran Kartasura, Jawa Tengah.

Tahun 1966 karena politik yang tidak karuan menyebabkan sekolah Benny ditutup, ia masih berusia 15 tahun kesulitan melanjutkan kesekolah negeri maupun sekolah lainnya.Tak ingin menganggur, Benny lalu membantu orang tuanya berdagang di toko roti “Liem” tak jauh dari Pasar Kartasura. Waktu itu, orang tua Benny juga beternak babi. Dari situlah Benny berkenalan dengan supplier pakan ternak ayam dari Thailand pada tahun 1970. Mengikuti intuisi bisnisnya, Benny memberanikan diri menjadi supplier pakan ternak ayam pada tahun 1973, dan tahun 1985 Benny membulatkan tekadnya untuk menjadi pengusaha pakan ternak ayam.

Seperti orang tuanya, untuk mengatur keuangan dengan cermat, Benny pun menyimpan hasil jerih payahnya dengan menabung di bank. Masih lekat dalam kenangan Benny, saat mengisahkan cerita suksesnya menjadi pengusaha ternak ayam petelur. Bank tempatnya menabung memiliki andil besar dengan memberikan pinjaman modal usaha untuk mengambil alih sebuah peternakan ayam seluas 5 hektar yang kolaps berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada tahun 1990. Karena pihak bank menilai profil usahanya bagus, maka pada tahun 2000 Benny kembali dipercaya untuk memperoleh pinjaman modal untuk memperluas peternakan ayamnya.

Kini Benny memiliki lahan peternakan seluas 25 hektar dengan populasi 500.000 ayam petelur dan juga mampu memberikan lahan pekerjaan untuk tak kurang dari 300 orang. Dengan perusahaanya PT Sempulur Unggas Raya, peternakan Benny menguasai 40% market share penjualan telur ayam di Solo dan sekitarnya untuk pasokan kebutuhan pasar induk, pasar tradisional dan minimarket.

Bahkan setiap harinya, Benny juga mengirim sekitar 18 ton telur ayam ke pedagang ritel di Jakarta. Jangan putus asa meskipun situasi kondisi memaksa pendidikan formal kita terhenti. Kalau kita ada kemauan pasti ada jalan. Kesuksesan itu berawal dari tekad bulat, keuletan, kemampuan membina hubungan baik dengan berbagai pihak dan bisa dipercaya.

Sumber : tribunnews

Informasi seputar peluang usaha sampingan yang mungkin cocok untuk Sahabat… jangan lupa untuk cek selalu blog Wetoostudio