Bukan lagi sebuah rahasia bahwa nasi uduk merupakan salah satu jenis menu sarapan yang terkenal di kota Jakarta, sebenarnya dikota lainpun banyak dijumpai penjual nasi uduk. Jika anda tinggal disebuah lokasi yang banyak terdapat tempat kost karyawan atau mahasiswa maka peluang usaha sampingan berjualan nasi uduk ini patut diperhitungkan.

Waktu untuk berjualan nasi uduk tidaklah terlalu lama dan sangat bagus jika dijadikan sebagai usaha sampingan, biasanya waktu yang digunakan untuk berjualan nasi uduk dimulai dari waktu pagi hari sekitar waktu subuh atau jam 5-an pagi dimana pada waktu tersebut para pekerja baik karyawan kantor atau pabrik mulai berangkat bekerja.

INTERMEZZO : Peluang Usaha Dan Tips Sukses Jualan Bakso

Dikota besar seperti Jakarta atau kota sekitarnya jam sepagi itu sudah sangat sibuk dengan aktifitas. Sebagian orang sengaja berangkat pagi untuk menghindari kemacetan yang menjadi ciri khas kota seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok dan sekitarnya.

Selain karyawan juga ada anak sekolah yang juga biasanya berangkat sekolah pagi, dengan berbagai alasan tertentu mereka lebih memilih sarapan nasi uduk untuk menu sarapan pagi mereka. Nasi uduk memang selalu menggugah selera dengan aromanya yang khas.

Untuk mereka yang memulai aktifitas di waktu sepagi itu maka sangat jarang untuk bisa menyiapkan menu sarapan, hal tersebut dikarenakan waktu yang terlalu pagi dan terlalu sempit untuk memasak menu sarapan. Terbukalah peluang usaha yang bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan dengan menjual nasi uduk dipagi hari.

Peluang Usaha Berjualan Nasi Uduk

berjualan nasi uduk, peluang usaha nasi uduk, kuliner nasi uduk

usaha nasi uduk peluang jualan nasi uduk

Dari pengalaman pribadi dan juga melihat beberapa orang lainnya, jika aktifitas dimulai sepagi itu maka mereka sekedarnya hanya bersarapan roti sebelum berangkat bekerja atau bahkan ada juga yang hanya membuat minum, jadi disini peluang usaha berjualan nasi uduk bisa dilakukan dan tentu saja sangat potensial. Apalagi memasak nasi uduk dan membuat menu tambahannya juga tidak terlalu ribet karena sangat khas dan bahan-bahannya mudah didapat seperti telur untuk di dadar dan diiris kecil kecil, kering tempe, mie goreng atau bihun, mentimun, dan kerupuk. Beberapa kelengkapan tersebut sangat mudah diperolah dan cara memasaknya juga lumayan mudah.

Nasi Uduk, Peluang Usaha Modal Kecil

usaha modal kecil, kuliner modal kecil, nasi uduk modal kecil

Peluang usaha nasi uduk sangat potensial di lokasi seperti yang disebutkan diatas. Lokasi yang disekitarnya terdapat banyak sekali kost atau kontrakan para pekerja yang masih single atau sendiri karena pada umumnya mereka yang belum menikah lebih malas mengolah makanan dan lebih memilih untuk membeli makanan yang telah siap makan.

Untuk yang memiliki pandangan peluang usaha nasi uduk, tentunya paling tidak Anda harus bisa menyiapkan nasi uduk. Harus tahu apa saja kelengkapan dalam sebuah sajian nasi uduk. Anda sudah bisa? Jika belum bisa bagaimana? Ya tentu saja harus belajar dulu cara membuat nasi uduk. Dan disini akan diberikan resep umum dari membuat nasi uduk seperti yang biasa dijual para pegadang nasi uduk tersebut. Dari resep ini nanti silahkan dikembangkan dan dikreasikan sendiri.

Resep Nasi Uduk Secara Umum

resep nasi uduk, membuat nasi uduk, cara buat nasi uduk

Tidak usah dipikirkan mau bikin nasi uduk model mana, nasi uduk populer mungkin adalah dari betawi, tapi secara umum nasi uduk jawa atau sunda atau daerah lain juga intinya sama.

Waktu untuk memasak nasi uduk
Waktu mempersiapkan bahan : 10 menit
Waktu memasak nasi uduk : 30 menit
Waktu keseluruhan : 40 menit

Bahan bahan membuat Nasi Uduk :
– Beras putih 500 gram
– Santan kental 800 ml
Bahan pelengkap membuat nasi uduk :
– 2 lembar batang sereh
– 2 lembar daun pandan
– 4 daun salam
– 1/8 sendok teh garam
tambahkan juga :
– 2 irisan tipis jahe
– 2 irisan tipis lengkuas
– 1 sendok teh ketumbar bubuk

Cara memasak nasi uduk :
Beberapa orang membuat nasi uduk dengan rice cooker, tapi disarankan menggunakan 2 kali proses yaitu diaroni lalu kemudian dikukus. Jadi gunakan saja panci yang bisa dipakai untuk mengukus.
– Beras putih dicuci bersih, kemudian campur dengan santan dan diaduk rata
– Campurkan bumbu bumbu pelengkapnya seperti daun sereh (dimemarkan dan diikat), daun pandan (diikat), daun salam, garam, jahe, lengkuas, dan bubuk ketumbar.
– Masak beras yang sudah dicampur bumbu lengkap hingga agak mengering air santannya, kemudian angkat. Dalam keadaan ini biasanya tercium bau harum dari beras tersebut
– Beras kemudian dipindahkan ke dalam panci kukus yang sudah disiapkan dan masak hingga matang.
– Nasi uduk sudah siap untuk dihidangkan

Untuk memperlengkap nasi uduk biasanya ada banyak sekali jenis pelengkap yang ditambahkan. Terserah sesuai dengan selera masing masing. Biasanya yang ditambahkan ke dalam hidangan nasi uduk antara lain sebagai berikut.
– mie goreng / bihun goreng
– dadar telur diiris tipis
– orek tempe dan kentang
– oseng oseng kacang panjang
– suwiran daging ayam
– kerupuk
– telur bulat sambel
– dan lain lainnya

Ada bisa melihat peluang ini? Jangan sia-siakan peluang usaha yang ada dan sikapi dengan kritis agar bisa memberikan manfaat dan tentu pendapatan lebih sebagai penambah perekonomian keluarga Anda.