Peluang Usaha Ikan Cupang Peluang Usaha bisnis ikan hias cukup menjanjikan, penyuka ikan hias saat ini bukan dari kalangan tua atau berumur. Banyak anak muda yang memiliki hobby atau ketertarikan dengan ikan hias. Jika diperhatikan saat ini anak kecil juga banyak yang memelihara ikan, umumnya terpengaruh oleh orang tua mereka yang juga menyukai ikan hias.

Di kota jenis peluang usaha ikan hias menjadi salah satu usaha dengan persaingan yang sangat terlihat, karena entah disengaja atau tidak biasanya para penjual ikan hias berkumpul disebuah lokasi tertentu

PELUANG BISNIS IKAN CUPANG

peluang usaha ikan cupang

Satu jenis ikan hias yang cukup populer dan juga bahkan sering di buatkan lomba adalah ikan hias cupang. Ikan jenis ini terlihat begitu cantik sehingga mampu memikat hati banyak pecinta ikan hias. Dan diseluruh dunia pengembangan ikan cupang dilakukan untuk mendapatkan bibit bibit baru dengan penampilan yang baru dan unik. Dengan menyilangkan ikan cupang jenis satu dengan lainnya sehingga melahirkan generasi cantik ikan cupang yang baru.

Di Indonesia juga banyak pecinta ikan cupang, ikan yang cukup mungil dari segi ukuran ini memiliki harga yang lumayan. Diawali dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Ini adalah sebuah sisi bagus yang membuka peluang usaha bagi seseorang untuk bisnis ikan cupang.

Ikan Cupang yang terkenal galak tapi jadi salah satu jenis ikan hias air tawar favorite, kalo Anda penggemar ikan hias jenis Cupang ini kenapa tidak mencoba mengembangkannya menjadi usaha pribadi yang bisa mendatangkan kesenangan juga mendatangkan keuntungan?

Ikan Cupang adalah salah satu jenis ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, ikan Cupang dapat ditemiu antara lain di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik, agak gemuk dan cenderung galak atau agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

KATEGORI IKAN CUPANG

Jika dicampur dengan ikan lain dalam satu wadah maka dapat dipastikan ikan Cupang akan sering membuat ulah karena iya memang sering menyerang ikan ikan lainnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu :
cupang hias
cupang aduan
cupang liar

Cupang masuk dalam jenis ikan hias yang bandel dan tahan hidup bahkan dikondisi yang hanya sedikit terdapat sirkulasi udara.

Ikan Cupang adalah ikan hias khas wilayah Asia Tenggara, ikan ini termasuk ikan bandel dan tahan banting. Ikan hias jenis Cupang bisa bertahan hidup di dalam air yang tenang seperti dalam toples yang bahkan tanpa gelembung gelembung air seperti dalam akuarium. Hal ini karena ikan Cupang emmang bisa hidup di dalam air yang dangkal dan minim oksigen.

Selain diminati sebagi ikan hias, ikan Cupang juga dijadikan ikan aduan. Sangat tidak disarankan menyampur ikan Cupang dengan ikan lainnya karena Cupang nakal dan agresif.

JENIS JENIS IKAN CUPANG

Ada banyak jenis ikan Cupang yang berbeda berdasarkan tempat asalnya, kira kira varian ikan cupang yang saat ini dikenal sebagai berikut

Betta pugnax (Forest Betta), Betta taeniata (Banned Betta), Betta macrostoma (Bruney Beauty), Betta unimaculata (Golden Slender), Betta picta (Painted Betta), Betta anabantoides (Pearly Betta), Betta edithae (Betta Brederi), Betta foerschi (Purple Saphire Betta), Betta akarensis (Sarawak Betta), Betta coccina (Clorat’s Betta), Betta bellica (Standard’s Betta), Betta tesyae (Peaceful Betta), Betta smaragdina (Emerald Betta), Betta imbelis (Slugger’s Betta), Betta splendens (Siamese Fighting Fish)

Jenis jenis Cupang Hias antara lain seperti :

Halfmoon, Crowntail (ekor mahkota), Double tail (ekor ganda), Plakat Halfmoon, Giant (cupang raksasa)
Penggemar ikan hias atau bukan Anda tetap bisa menjajagi peluang usaha ikan hias sebagai salah satu pilihan usaha Anda. Belajar lebih banyak tentang ikan hias jika ingin membudidayakan dan menjualnya.